Kasifikasi Efek Investasi

Sebagaimana yang disebutkan sebelumnya bahwa FASB Statement No. 115 diterbitkan untuk membahas masalah penilaian atas efek. Pernyataan ini berlaku untuk semua efek utang dan ekuitas di mana penentuan nilai wajarnya telah tersedia. Namun jika investasi pada efek ekuitas pada suatu perusahaan bernilai cukup besar, maka diterapkan suatu metode akuntansi yang berbeda untuk efek ekuitas. Sebelum itu akan dijelaskan masing-masing efek.
Efek Utang
Efek utang adalah instrumen keuangan yang diterbitkan oleh perusahaan, dan pada umumnya memiliki karaktersitik berikut : (1) nilai jatuh temponya mewakili nilai yang harus dibayarkan kepada pemegang efek utang pada saat jatuh tempo; (2) suatu tingkat bunga (baik tetap maupun variabel) yang menetapkan pembayaran bunga secara periodik; dan (3) tanggal jatuh tempo yang mengindikasikan kapan akan diselesaikan.
Efek Ekuitas
Efek ini juga bisa disebut dengan surat berharga (equity securities) mewakili kepemilikan dalam suatu perusahaan. Lembar-lembar saham ini biasanya mengandung hak untuk memperoleh deviden dan untuk memberikan suara dalam kegiatan perusahaan. Sebagai tambahan efek ekuitas adalah investasi yang menarik karena adanya potensi untuk kenaikan secara signifikan atas harga efek tersebut.
Efek yang Dimiliki Hingga Jatuh Tempo
Efek yang Dimiliki Hingga Jatuh Tempo (held-to-maturity securities) adalah efek utang yang dibeli oleh perusahaan dengan tujuan dan kemampuan untuk memiliki efek tersebut hingga akhir jatuh tempo. Perlu dicatat bahwa ketegori ini hanya meliputi efek utang karena efek ekuitas umumnya tidak jatuh tempo. Juga perlu dicatat bahwa perusahaan harus berniat untuk memiliki efek ini hingga jatuh tempo. Sekedar untuk memiliki suatu efek dalam suatu periode yang lama, tidak termasuk dalam ketegori ini.
Efek yang Tersedia Untuk Dijual
Efek utang ini yang tidak akan dimiliki hingga jatuh tempo dan tidak dikelompokan sebagai efek yang diperdagangkan, pada dasarnya, dianggap efek "tersedia untuk dijual". Efek tersedia untuk dijual (available-for-sale) juga mencakup efek ekuitas yang tidak dianggap sebagai efek yang diperdagangkan dan tidak dihitung dengan menggunakan metode ekuitas.

Selain efek-efek yang diatas ada pula
efek yang diperdagangkan dan efek metode ekuitas untuk kedua efek ini cari sendiri yang penjelasannya cape euy nulisnya....

Recent Posts

comments powered by Disqus