Ini adalah dasar dari proses mengoptimalkan klien bittorrent, seperti Vuze, untuk kecepatan:
* Pilih port yang tepat untuk menghindari blok ISP dan konflik dengan program lain
* Teruskan bahwa port melalui firewall software dan router untuk mengijinkan koneksi masuk
* Mengatur pengaturan internal berdasarkan kapasitas upload dari koneksi internet untuk memungkinkan ruang untuk komunikasi keluar dan untuk mendistribusikan upload efisien.
  1. Memilih port yang tepat
Untuk menghindari pengacauan sambungan jaringan yang sudah dibersihkan, pertama cek dan lihat apakah komunikasi Anda diblokir atau sudah jelas. Apakah Vuze berjalan ketika Anda pergi untuk melakukan pengujian port.

jika Anda gagal dalam pengetesan port di atas, maka terlebih dahulu Anda harus mengatur port Anda ke salah satu yang tepat. Pilihan yang paling penting di sini adalah untuk menghindari menggunakan port dalam kisaran 6.881-6.999. Ini adalah rentang awalnya digunakan oleh program bittorrent dan sering diblokir oleh Internet Service Provider (ISP). (Jika port Anda berada di kisaran ini, lakukan perubahan dan re-test). Pilihan paling aman adalah sebuah pada kisaran 49.152-65.534 karena hal ini akan menghindari blok ISP dan kemungkinan konflik dengan aplikasi lain.

  1. Melakukan forward pada port
Router akan memblokir komunikasi masuk kecuali pengecualian yang dibuat. Semua perangkat lunak firewall akan memblokir komunikasi yang masuk dan juga akan memblokir komunikasi keluar, kecuali pengecualian yang dibuat oleh administrator. Jika Anda adalah “firewall”, maka orang lain tidak akan dapat melakukan koneksi dengan Anda.
Melakukan Manual Forwarding:


1. UPnP (NAT-PMP) harus dinonaktifkan dalam Vuze (lihat Gambar di atas).
2. Gunakan Panduan IP statis.
3. Set izin untuk port Vuze. Ini harus ditetapkan untuk memungkinkan komunikasi baik TCP dan UDP.  Anda dapat memeriksa opsi ini untuk panduan:
* Bantuan file router Anda adalah tempat terbaik untuk melakukan pencarian
* Portforward.com Azureus Router Indeks memiliki panduan bagi kebanyakan router.