Hal-Hal Yang Menyebabkan Terjadinya Penyakit Jantung Kronis

Jantung merupakan organ yang sangat penting dan sembarang gangguan kepada jantung akan mengakibatkan penyakit yang fatal. Keadaan yang mengakibatkan sakit jantung adalah kerusakan pada koronari arteri dalam jantung yang biasa disebut penyakit jantung koroner. Penyebab utama adalah arthrosklerosis yang terjadi apabila gumpalan lemak terkumpul dalam saluran darah lalu menyempitkan jalan darah beroksigen kepada jantung, ini akan menjadikan jantung kekurangan oksigen dan apabila keadaan ini terjadi secara terus menerus, bagian jantung yang tidak menerima oksigen itu akan mati dan menjadi biru kehitaman.

Terjadinya Sakit Jantung
Sakit bagian dada bila kepenatan karena akibat terjadinya arthrosklerosis dimana saluran yang mengalirkan darah ke otot-otot jantung menyempit dan pengaliran darah terhalang. Serangan sakit jantung terjadi apabila darah membeku dikawasan arthrosklerosis dan menghalangi sepenuhnya aliran darah ke otot-otot jantung.
Secara medis penyakit jantung dikelompokkan menjadi dua macam yaitu penyakit jantung koroner dan penyakit jantung bawaan (faktor genetik). Penyakit jantung koroner timbul ketika terjadi penyempitan pembuluh darah pada jantung, penyebabnya pola makan dan asupan gizi yang tidak seimbang sehingga dapat memudahkan terjadinya penyumbatan pembuluh darah pada jantung. Sedangkan faktor genetic (bawaan) ditemukan sejak usia masih bayi, berat ringannya penyakit jantung tergantung keadaan pembuluh darah, jika penyempitan dibawah 60% cukup menggunakan obat-obatan, namun jika diatas 60% pembuluh darah harus dibuka dengan operasi bypass atau dibalon.

Penyakit jantung berdasarkan akibat kondisi tubuh seseorang yang menjadi pemicu munculnya penyakit ini :
1. Penyakit jantung Hipertensif (akibat tekanan darah tinggi)
Hipertensi merupakan salah satu penyebab sakit jantung. Riwayat pasien hipertensi menunjukkan bahwa pasien hipertensi yang tidak mendapat pengobatan, penyebab utama kematian adalah gagal jantung.
2. Penyakit jantung bawaan
Merupakan kondisi struktur jantung yang kurang sempurna sejak lahir. Banyak dijumpai penyakit ini kompleks pada bayi dan anak-anak, apabila tidak dioperasi sering menjadi penyebab kematian waktu bayi.
3. Penyakit jantung usia lanjut
Perkembangan perubahan jantung karena usia pada setiap orang berbeda-beda, perubahan yang terjadi pada pembuluh darah akibat usia lanjut merupakan media utama proses menua, hal ini dapat menyebabkan penurunan kemampuan jantung dalam memompa darah. Gejala yang sering diketahui biasanya dada berdebar-debar waktu bekerja, nafas pendek, sakit diulu hati, berkeringat banyak, badan terasa lemah, pusing kepala, pingsan.

Penyebab Sakit Jantung
Normalnya arteri pada jantung tidak memiliki arthrosklerosis sehingga dapat mengalirkan darah dan menyuplai oksigen ke otot-otot jantung, namun jika kadar kolesterol dalam darah tinggi maka kolesterol akan menumpuk dan terbentuklah plak arterosklerosis. Plak tersebut dapat menghalangi aliran darah yang melalui arteri. Pada arthrosklerosis yang ringan terdapat beberapa timbunan kolesterol dalam arteri tetapi belum sampai menyumbat jalannya aliran darah. Ketika arteri sudah tersumbat sampai 50% aliran darah yang menuju jantung menjadi berkurang sehingga dapat timbul bekuan darah yang akan menambah penyempitan yang terjadi. Bila arteri sudah tersumbat 60-70% maka pembuluh darah tidak dapat mengalirkan darah yang cukup ke jantung, darah akan mengalir melalui lubang kecil dan akan cepat membeku, hal ini akan menambah besar sumbatan bahkan bisa mencapai 100%. Bila pembuluh darah telah tersumbat dan tidak ada aliran darah ke jantung maka seseorang akan terkena serangan jantung.
Hal hal yang menjadi penyebab utama sakit jantung yaitu perokok aktif, hipertensi (tekanan darah > 140/90 mmHg), diabetes, obesitas, kurang olah raga, kadar kolesterol HDL rendah (<40 mg/dl), keturunan, faktor usia (laki-laki > 45 tahun, wanita > 55 tahun)
Obat penyakit jantung yang beredar dipasaran : Cedilanid, Digoxin, Gima, Heptamyl, Lanitop, Arterinol, Cetacol, Fludilat, Renicol, Reotal.

Recent Posts

comments powered by Disqus