Yang Harus Diketahui Dalam Jaringan

Router
Router adalah perangkat yang akan melewatkan paket IP dari suatu jaringan ke jaringan yang lain, menggunakan metode addresing dan protocol tertentu untuk melewatkan paket data tersebut.
Router memiliki kemampuan melewatkan paket IP dari  satu jaringan ke jaringan lain yang  mungkin memiliki banyak jalur diantara keduanya. Router-router yang saling terhubung dalam jaringan internet turut serta dalam sebuah algoritma routing terdistribusi untuk menentukan jalur terbaik  yang dilalui paket IP dari system ke system lain. Proses routing  dilakukan secara hop by hop. IP tidak mengetahui jalur keseluruhan menuju tujuan setiap paket. IP routing hanya menyediakan IP address dari router berikutnya yang menurutnya lebih dekat ke host tujuan.
Fungsi :
  • Membaca alamat logika /  ip address source & destination untuk menentukan routing dari suatu LAN ke LAN lainnya.
  • Menyimpan routing table untuk menentukan rute terbaik antara LAN ke WAN.
  • Perangkat di layer 3 OSI Layer.
  • Bisa berupa “box” atau sebuah OS yang menjalankan sebuah daemon routing.
  • Interfaces Ethernet, Serial, ISDN BRI.
Sistem Operasi
Sistem operasi adalah sekumpulan rutin perangkat lunak yang berada diantara program
aplikasi dan perangkat keras (Bambang Hariyanto,2006,hal 25). Sistem operasi memiliki tugas yaitu mengelola seluruh sumber daya sistem komputer dan sebagai penyedia layanan.
Sistem operasi menyediakan  System Call  (berupa fungsi-fungsi atau API=Application
Programming Interface).  System Call ini memberikan abstraksi tingkat tinggi mesin untuk pemrograman. System Call berfungsi menghindarkan kompleksitas pemrograman dengan memberi sekumpulan instruksi yang lebih mudah dan nyaman, sistem operasi juga sebagai basis untuk program lain dimana program aplikasi dijalankan diatas sistem operasi, program-program itu memanfaatkan sumber daya sistem komputer dengan cara meminta layanan sistem operasi mengendalikan sumber daya untuk aplikasi sehingga penggunaan sumber daya sistem komputer dapat dilakukan secara benar dan efisien.
Sistem operasi yang dikenal antara lain :
  • Windows (95, 98, ME, 2000, XP, VISTA, SERVER, Windows7)
  • Linux (Red Hat, Slackware, Ubuntu, Fedora, Mikrotik, Debian, OpenSUSE)
  • UNIX
  • FreeBSD (Berkeley Software Distribution)
  • SUN (SOLARIS)
  • DOS (MS-DOS)
  • Machintosh (MAC OS, MAC OSX)
Jaringan Komputer
Jaringan komputer merupakan sekelompok komputer otonom yang saling dihubungkan
satu sama lainnya, menggunakan suatu media dan protocol komunikasi tertentu, sehingga dapat saling berbagi data dan informasi.(Deris Setiawan,2003,hal 1). Jaringan komputer memungkinkan  terjadinya komunikasi yang lebih efisien antar  pemakai (mail dan teleconference). Jaringan komputer adalah sekelompok komputer otonom yang saling menggunakan protokol komunikasi melalui media komunikasi (Dharma Oetomo(1),2003, hal 07) sehingga dapat berbagi data, informasi, program aplikasi dan perangkat keras seperti  printer, scanner, CD-Drive maupun harddisk serta memungkinkan komunikasi secara elektronik.
Sedangkan pada  Aplikasi  home user, memungkinkan komunikasi antar pengguna lebih
efisien (chat), interaktif entertainment lebih multimedia (games, video,dan lain-lain).
Klasifikasi Jaringan Komputer :
  • LAN   (Local Area Network)  : Jaringan  komputer  yang  saling  terhubung  ke  suatu  komputer server  dengan  menggunakan  topologi  tertentu,  biasanya  digunakan  dalam kawasan  satu gedung atau kawasan yang jaraknya tidak lebih dari 1 km.
  • MAN  (Metropolitan Area Network) : Jaringan komputer yang saling terkoneksi dalam satu kawasan  kota  yang  jaraknya  bisa  lebih  dari  1  km.  Pilihan  untuk  membangun  jaringan komputer antar kantor dalam suatu kota, kampus dalam satu kota.
  • WAN  (Wide  Area  Network)  :  Jaringan  komputer  yang  menghubungkan  banyak  LAN  ke dalam  suatu  jaringan  terpadu,  antara  satu  jaringan  dengan  jaringan  lain  dapat  berjarak ribuan kilometer atau terpisahkan  letak geografi dengan menggunakan metode komunikasi tertentu.
Secara garis besar ada beberapa tahapan dalam membangun jaringan LAN, diantaranya ;
Menentukan teknologi tipe jaringannya (Ethernet, Fast Ethernet, Token Ring, FDDI)
  • Memilih model perkabelan (Fiber, UTP, Coaxial)
  • Menentukan bentuk topologi jaringan (Bus, Ring, dan Star)
  • Menentukan teknologi Client/Server atau Peer to Peer
  • Memilih Sistem Operasi Server (Windows NT, 2000, XP, atau Linux)
Gateway
Pintu gerbang sebagai keluar-masuknya paket data dari local network menuju outer
network. Tujuannya agar  client pada  local network dapat berkomunikasi dengan internet. Router dapat disetting menjadi  Gateway dimana ia menjadi penghubung antara jaringan local dengan jaringan luar.
Proxy
Sebuah fasilitas untuk menghubungkan diri ke internet secara bersama-sama.
Memenuhi permintaan user untuk layanan Internet (http, FTP,Telnet) dan mengirimkannya sesuai dengan kebijakan. Bertindak sebagai gateway menuju layanan. Mewakili paket data dari dalam dan dari luar. Menangani semua komunikasi internet – ekternal. Bertindak sebagai  gateway antara mesin  internal dan  eksternal. Proxy server mengevaluasi dan mengontrol permintaan dari  client, jika sesuai  policy dilewatkan jika tidak di  deny/drop. Menggunakan metode NAT. Memeriksa isi paket.
Firewall
Sistem keamanan yang menggunakan  device atau sistem yang diletakkan di dua jaringan dengan fungsi utama melakukan filtering terhadap akses yang akan masuk. Berupa seperangkat hardware atau  software, bisa juga berupa seperangkat aturan dan prosedur yang ditetapkan oleh organisasi. Firewal juga dapat disebut sebagai system atau perangkat yang mengizinkan lalu lintas jaringan yang dianggapnya aman untuk  melaluinya dan mencegah lalu lintas jaringan yang tidak aman. Umumnya firewall diimplementasikan  dalam sebuah mesin terdedikasi,  yang berjalan pada pintu gerbang (gateway) antara jaringan local dan jaringan lainnya. Firewall juga umumnya digunakan untuk mengontrol  akses terhadap siapa saja yang memiliki akses terhadap jaringan pribadi dari hak luar. Saat ini, istilah firewall menjadi istilah generic yang merujuk pada sistem yang mengatur komunikasi antar dua jaringan yang berbeda.
Berbagai Sumber..

Recent Posts

comments powered by Disqus