WYSIWYG editor menggunakan ckEditor

WYSIWYG Editor adalah suatu aplikasi javascript untuk membantu anda dalam menuliskan content pada website, editor ini biasanya digunakan pada CMS dalam entry content. Sehingga lebih memudahkan anda dalam memasukkan content tulisan. Editor ini mirip dengan penggunaan microsoft word, anda dapat menebalkan huruf(bold),paragraf rata kiri, rata kanan, center, memasukkan special karakter, membuat table, memasukkan gambar, dll.
Ada beberapa WYSIWYG Editor yang dapat dipakai secara gratis diantaranya adalah TinymceckEditor, dll.
Kita akan mengulas ckEditor dengan fasilitas yang sangat memudahkan kita.

Tampilan ckEditor

 

Edit Content

Untuk mengedit content di dalam editor kita cukup klik kanan di atas content tersebut, dalam contoh kita ingin mengedit table. ketika diklik kanan maka akan muncul menu drop down untuk mengedit table tersebut. disini kita bisa langsung melakukan edit pada table. (Lihat kotak orange)

Upload dan Image Manager

Fasilitas yang memudahkan penggunaan ckeditor untuk insert image, untuk menggunakan fasilitas ini kita harus install plugin lagi, kita harus instal ckfinder. Ketika Sudah install ckfinder, tombol Browse Server akan tampil, kalau belum install tombol tersebut tidak akan tampil. Berikut ini tampilan ckfinder :

Configurasi ckFinder :

Mungkin anda akan menemukan error : The file browser is disabled for security reasons. Please contact your system administrator and check the CKFinder configuration file.
Solusinya adalah : edit config.php pada folder ckfinder
pada function CheckAuthentication(), akan terdapat :
return false;
ganti dengan :
return true;
Anda sudah dapat menggunakan ckeditor dan ckfinder dalam editor website anda, selamat menikmati kemudahaan dari ckeditor.. :D

Semoga Bermanfaat..!

Recent Posts

comments powered by Disqus