VB 6

Spoiler untuk vb6:

Spoiler untuk Tentang Visual Basic:

Spoiler untuk Sejarah:

Sejarah Visual Basic diawali dari perkembangan bahasa BASIC di darthmouth College, Amerika Serikat, pada awal tahun 1960-an. Sejak semula BASIC memang dirancang untuk mudah dipelajari. Begitu sederhananya sehingga nyaris semua pakar pemrograman komputer menggunakan BASIC sebagai bahasa pemrograman pertamanya. Pada tahun 1982 IBM/PC diperkenalkan pada masyarakat, Microsoft pun membuat sistem operasi MS-DOS untuk komputer ini. Didalamnya disertakan pula bahasa BASIC yang dikenal sebagai QuickBasic (QBASIC). Pada tahun 1990-an era DOS berlalu digantikan era Windows. Tampilan grafis windows yang sangat bagus dan lebih interaktif mengubah pemrograman dari pekerjaan yang memusingkan kepala menjadi sebuah pekerjaan yang sangat menyenangkan. Microsoft pun akhirnya membuat BASIC versi Windows yang dikenal dengan Microsoft Visual Basic.
Visual Basic memungkinkan pembuatan aplikasi Grapichal User Interface (GUI) atau pemrograman yang menggunakan tampilan grafis sebagai alat komunikasi dengan pemakainya. Pembuatan tampilan user interface dapat dilakukan dengan meletakkan object-object grafis ke lembar (form) yang sudah disediakan oleh Visual Basic.
Visual Basic Merupakan bahasa pemrograman Visual sehingga dapat mempermudah dalam mendesain tampilan program atau lebih dikenal dengan istilah user interface. Hal ini sangat bermanfaat untuk membuat program yang bekerja dalam lingkungan windows yang tampilannya lebih rumit. Dengan Bahasa Pemrograman biasa / Non Visual, Waktu seorang programmer lebih banyak dihabiskan untuk mendesain tampilan program dibandingkan dengan penulisan program utamanya. Visual basic adalah suatu bahasa pemrogramman visual yang merupakan pengembangan terakhir dari Basic.
Bahasa Pemrogramman Visual Basic 6.0 merupakan perangkat lunak yang memiliki kesamaan dengan bahasa Pemrogramman Basic dan bekerja pada lingkungan sistem operasi Windows. Pemrogramman Visual Basic 6.0 juga memberikan kemudahan bagi programmer dalam membuat sebuah program, karena dalam Bahasa pemrogramman Visual Basic 6.0 telah disediakan fasilitas-fasilitas pendukung yang mudah penggunaannya tanpa menambah syntax program yang berbelit-belit seperti pada beberapa Bahasa pemrogramman lainnya, yang tentunya akan lebih banyak menyita waktu dan pemikiran. Selain kemudahan tersebut, Visual Basic 6.0 juga memiliki kecepatan proses yang tinggi dan keunggulan dalam file eksekusi yang dihasilkan, yang mampu berdiri sendiri diluar software pembangunnya serta kecilnya file eksekusi yang dihasilkan.

Spoiler untuk About Visual Basic:

Program apa yang bisa di buat oleh visual basic?

Dengan VB 6, anda dapat membuat program tergantung pada tujuan anda. Misalnya, Anda dapat membuat program-program pendidikan untuk mengajar sains, matematika, bahasa, sejarah, geografi dan sebagainya. Anda juga dapat membuat program akuntansi dan keuangan untuk membuat anda lebih efisien kontrol keuangan atau akuntan. Bagi anda yang suka permainan, Anda dapat membuat program-program game. Sesungguhnya, tidak ada batas untuk dapat membuat program anda! Ada banyak program di tutorial ini, jadi anda harus menghabiskan waktu lebih banyak pada tutorial untuk mempelajari bagaimana membuat program-program mereka. Jika Anda ingin melihat beberapa contoh program:

1.Sistem Informasi Penjualan Pakaian (Distro): Aplikasi ini dibuat dengan Visual Basic 6.0 dan Ms Access (MySQL). Program ini dibuat sangat sederhana, sangat cocok bagi Mahsiswa D3 dan S1 untuk contekan belajar aupun dalam menyelesaikan program akhir kuliahnya.

2.Sistem Informasi Penjualan Mebel : Aplikasi ini dibuat dengan Visual Basic 6.0 dan Ms Access (MySQL). Selain untuk mencatat proses penjualan barang di mebel, juga telah disertai dengan form pemesanan dengan pembayaran 2 kali bayar.\

3.Sistem Informasi Penjualan Motor (Show Room) : Aplikasi ini dibuat dengan Visual Basic 6.0 dan Ms Access (MySQL). Program aplikasi ini digunakan untuk memanajemen data motor di Showroom atau galery motor. Dilengkapi dengan manajemen data motor untuk tiap type.

4.Sistem Informasi Penjualan Komputer (Toko Komputer) : Aplikasi ini dibuat dengan Visual Basic 6.0 dan Ms Access (MySQL). Jika Anda sekarang sedang Tugas Akhir/ Skripsi dengan materi ini, maka skrip ini dapat dijadikan panduan belajar, atau mungkin sebagai perbandingan analisa dan skrip yang sudah teman-teman buat di rumah.

Selain itu anda dapat memilih jenis aplikasi yang akan dibuat termasuk bahasa pemrograman digunakan. Jenis aplikasi yang dapat dibuat adalah :
Windows Application : adalah aplikasi yang paling umum dibuat, menggunakan interface windows. Biasanya Windows Application merupakan interface aplikasi sedangakan logic aplikasi terdapat di dalam Class Library. Windows Application dapat berisi form, class, XML file, maupun file VB Script dan Jscript.

Class Library : merupakan fondasi dasar untuk membuat komponen yang menjalankan fungsi tertentu. Class merupakan fondasi dasar untuk membentuk obyek dalam pemrograman berorientasi obyek. Class Library tidak memiliki interface tertentu seperti form, tetapi dapat diakses oleh aplikasi lain untuk menjalakan berbagai fungsi yang terdapat di dalamnya.

Class Library dapat disamakan dengan teknologi ActiveX DLL (.dll) dan ActiveX EXE dalam pemrograman VB6.
Windows Control Library : tidak puas dengan built in control yang disediakan VS .NET ? Anda dapat berkreasi membuat kontrol sendiri dan memasukkan berbagai fungsi yang anda inginkan di dalam kontrol tersebut. Fasilitas untuk membuat kontrol tersebut adalah Windows Control Library. Kontrol ini sama dengan ActiveX Control (.ocx) dalam pemrograman VB6.

ASP .NET Web Application : adalah project yang digunakan untuk membuat aplikasi web. Teknologi yang digunakan adalah ASP .NET yang memiliki berbagai kelebihan dibandingkan ASP klasik. Perubahan utamanya adalah dapat diprogram menggunakan berbagai bahasa .NET seperti VB, C++, C# maupun J#. ASP .NET juga menyediakan berbagai kontrol yang bersifat event drivent programming sehingga lebih menghemat waktu pembuatan aplikasi.

ASP .NET Web Service : Web service merupakan salah satu ide utama dalam .NET. Anda dapat membuat web service dan meletakkannya di web server untuk diakses berbagai aplikasi. Sebuah web service dapat diakses oleh aplikasi windows, web, console, maupun mobile device. Web service hampir sama dengan Class Library, perbedaan utamanya adalah web service tersebut diletakkan di web server sehingga dapat diakses dengan lebih mudah dan tidak terbatas pada aplikasi berbasis windows saja.

Console Application : merupakan aplikasi dengan tampilan text mode atau DOS. Aplikasi jenis ini biasa digunakan sebagai monitoring service atau remote application dimana sumber daya komputer dan bandwith sangat terbatas.

Windows Service : adalah aplikasi yang berjalan sebagai service di windows, yang di load bersamaan dengan proses start up windows. Aplikasi ini berjalan di background dan biasanya tidak memiliki interface. Penerapan aplikasi ini misalnya untuk pembuatan scanning antivirus, server FTP, dan remote server.
Web Control Library : Hampir sama dengan Windows Control Library tetapi digunakan untuk aplikasi web.



Spoiler untuk SS:


Gambar 1.1. Interface antar muka Visual Basic



Gambar 1.2. Komponen standar dalam Toolbox


Gambar 1.3. Layar pemilihan jenis project


Gambar 1.4. Jendela Form


Gambar 1.5. Jendela Kode


Spoiler untuk untuk instal:

yang perlu anda persiapkan terlebih dahulu ada software Visual basicnya... :) sillahkan lihat spoiler sebelumnya..
jika sudah siap semuanya,, kita akan memulai melakukan instalasi

1. klik Setup.exe
setlah di klik akan muncul seperti dibawah ini..


2.Klik next untuk melanjutkan Instalasi
stelah diklik nxt maka akan muncul seperti dibawah ini..

Trus centang option " I Accept the Agreement

3.trus klik next Melanjutkan
stelah diklik nxt maka akan muncul seperti dibawah ini..

pada kotak serial number anda bisa memakai angka 111 - 1111111
kemudian klik Next

4.
Klik Next Lagi :)

5.
Klik Next Lagi :D

6.
klik Continue Untuk melanjutkan :D

7.
klik Ok untuk Melanjutkan

8.
Klik Ok sekali lagi

9.
Klik Icon Yang berada Disamping Tulisan Typical Jika Ingin Melakukan Sesaui rekomendasi
jika anda Pilih kostum berarti ada beberapa Fungsi dari Visual basic yang akan anda keluarkan..
Tapi disini saya Pilih Typical

10.
Klik Yes Untuk MElanjutkan

11.
pada gambar ini Pross Instalasi Sedang Berlangsung,, jadi TUnggu Hingga Selesai... :)

12.
Pada Gambar ini Instalasi TElah Selesai dan Memerlukan Untuk Merestart Komputer anda Agar apa yang Anda Telah Instal akan berjalan dengan lancar

13.setelah mealkukan Restart kita dapat Mengakses Visual Basic melalui Tombol Start atau pada Shortcut dekstop


mohon maaf jika ada kekurangan.. :)




Spoiler untuk Tips Trik Pada VB:

Spoiler untuk Creating Resorce Script:

Tanpa Mengurangi Rasa Hormat Pada Yang Menulis Artikel ini Jadi Belum Saya Ubah Tulisan Aslinya..

Creating a Resource Script

A resource script is a text file listing all the data used in a program. It traditionally bears the filename extension RC. After writing your resource script, you compile it into a resource file (RES) and add this file to your Visual Basic project. Visual Basic automatically uses your resources in the environment and compiles them into the EXE file.

The easiest way to understand resource scripts is to look at a sample. Here’s the one used by the Test Resources program (TRES.VBP):

// TRES.RC - Resource script for Test Resources program

//$ Const ordAppBmp = 101
#if defined(US)
101 BITMAP "MANHEAD.BMP"
#elif defined(SW)
101 BITMAP "PIGHEAD.BMP"
#else
#error "No language"
#endif

//$ Const ordAppIcon = 301
#if defined(US)
301 ICON "FLGUSA.ICO"
#elif defined(SW)
301 ICON "FLGSWI.ICO"
#endif

//$ Const ordAppCursor = 401
#if defined(US)
401 CURSOR "MANHAND.CUR"
#elif defined(SW)
401 CURSOR "PIGTAIL.CUR"
#endif

//$ Const ordWavGrunt = 501
#if defined(US)
501 WAVE "GRUNT.WAV"
#elif defined(SW)
501 WAVE "OINK.WAV"
#endif

//$ Const ordTxtData = 601
601 OURDATA
BEGIN
#if defined(US)
0x7550, 0x6572, 0x7220, 0x7761
0x6420, 0x7461, 0x2061
#elif defined(SW)
0x7255, 0x7065, 0x7961, 0x6120
0x7277, 0x6965, 0x6120, 0x6174
0x6564, 0x2079
#endif
END

//$ Const ordFrmTitle = 1001
//$ Const ordMnuFile = 1101
//$ Const ordMnuGrunt = 1102
//$ Const ordMnuExit = 1103
//$ Const ordLstTitle = 1201
//$ Const ordLstWhat = 1301
//$ Const ordLstWhy = 1302
//$ Const ordLstWhere = 1303
//$ Const ordLstWho = 1304
//$ Const ordLstWhen = 1305
STRINGTABLE
BEGIN
#if defined(US)
1001 "Test Resources"
1101 "&File"
1102 "&Grunt"
1103 "E&xit"
1201 "Strings:"
1301 "What’s the story?"
1302 "Why are we here?"
1303 "Where are they now?"
1304 "Who’s got the ball?"
1305 "When do we eat?"
#elif defined(SW)
1001 "Estay Esourcesrei"
1101 "&IleFey"
1102 "&UntGray"
1103 "ItE&xeigh"
1201 "Ingstray:"
1301 "At’swhay ethei orystay?"
1302 "Ywhay rahey ewey erehay?"
1303 "Erewhay rahey eythey ouney?"
1304 "Oosway otgay ethei allbay?"
1305 "Enwhey oodae eway teeay?"
#endif
END
Although this script uses conditional code to create American and Swinish resource files from the same script file, you can just as easily create separate scripts for each language. The conditional statements shown here use the C preprocessor language, which looks a lot like the Visual Basic conditional compilation statements except for lowercase characters and a few other minor differences. Also notice that you must double the backslash character because the backslash is an escape character in C. Of course, your resource compiler might use a different syntax. I expect vendors to create Basic-style resource compilers real soon now.

The resource script contains Visual Basic constants in C-style comments with a unique leading character (//$). This makes it easy to write a wizard program that will search for constant comments and convert them to a Visual Basic module (or a type library). It’s easy to maintain the comments next to their data in the resource script, but each time you compile the resource script, you must also update the constant module. You could probably carry this idea further, generating initialization code as well as constants.






Spoiler untuk Plugin Untuk VB:

Spoiler untuk VB skin:

VbSkinner Pro

Fungsi dari VB skinner Untuk MEmpercantik Form Yang Akan kita desain,, Silahkan Lihat SS dibawah..









Link DL 4 shared :
Code:
http://www.4shared.com/file/235978634/5ef2ee8d/skpr-ocx_-Oning-idws-.html

http://www.4shared.com/file/235978322/a841b812/skpro_-_Oning-idws_-.html
Link DL missupload :
Code:
http://www.missupload.com/axxp25pugeo3/skpro_-=[_Oning-idws_]=-.rar.html

http://www.missupload.com/p40zcs9mxu1w/skpr-ocx_-=[Oning-idws]=-.rar.html


Spoiler untuk AppFace UI Development Kits:


AppFace UI Development Kits Personal Edition V3.6 build 0305
Release date: Mar 05,2010
* Included the skin library , one basic URF skins , a few powerful URF skins , technical manual and the
skinnable sample projects
* Supported VC,Delphi,C#,VB.Net,Visual Basic,C++ Bulider, PureBasic, Win32 SDK
* Compatible with Windows 9X/NT/2000/2003/XP/Vista/Windows7/2008Server
* It needs Administrator privilege for Vista,Windows7 and 2008 Server

Link DL Untuk 4Shared
http://www.4shared.com/file/23598084...ing-idws-.html

Link DL untuk MIss Upload
http://www.missupload.com/lvej9s6uvnr2/audk_-=[_Oning-idws]=-.rar.html


*Pass : oningidws

Spoiler untuk VB form Salju:

Author : yopisukita

SS :


Code:
Source Code untuk Form salju

Option Explicit
Dim jalan As Boolean

Private Sub Form_Load()
ScaleMode = vbPixels
DrawWidth = ukuran_salju
BackColor = vbBlack

Dim i As Integer

For i = 0 To kecepatan_salju
    snow(i).x = CInt(Int(ScaleWidth * Rnd))
    snow(i).y = CInt(Int(ScaleHeight * Rnd))
Next

jalan = True
Timer1.Enabled = True

Const sTEXT = "TeRRen.Jr"
ForeColor = vbRed
FontSize = 20
CurrentX = ScaleWidth / 2 - TextWidth(sTEXT) / 2
CurrentY = ScaleHeight / 2 - TextHeight(sTEXT) / 2 - 5
Print sTEXT

Const sText2 = "aLdy"
CurrentX = ScaleWidth / 2 - TextWidth(sText2) / 2
CurrentY = ScaleHeight / 2 + TextHeight(sText2) + 2
Print sText2

ForeColor = vbWhite
End Sub

Sub DrawSnow()
Dim i As Integer
Dim newX As Integer
Dim newY As Integer

Timer1.Enabled = False

Do While jalan
    For i = 0 To kecepatan_salju
        PSet (snow(i).oldX, snow(i).oldY), vbBlack
        PSet (snow(i).x, snow(i).y)
    Next i
    
    For i = 0 To kecepatan_salju
        snow(i).oldX = snow(i).x
        snow(i).oldY = snow(i).y
        newX = snow(i).x + Int(2 * Rnd)
        newX = newX - Int(2 * Rnd)
        
        newY = snow(i).y + 1
        
        If Point(newX, newY) = vbBlack Then
            snow(i).y = newY
            snow(i).x = newX
        Else
            If snow(i).iStopped = 10 Then
                If Point(snow(i).x + 1, snow(i).y + 1) = vbBlack Then
                    snow(i).x = snow(i).x + 1
                    snow(i).y = snow(i).y + 1
                    snow(i).iStopped = 0
                ElseIf Me.Point(snow(i).x - 1, snow(i).y + 1) = vbBlack Then
                    snow(i).x = snow(i).x - 1
                    snow(i).y = snow(i).y + 1
                    snow(i).iStopped = 0
                Else
                    NewParticle (i)
                End If
            Else
                snow(i).iStopped = snow(i).iStopped + 1
            End If
        End If
    Next i
    DoEvents
Loop
End Sub

Sub NewParticle(i As Integer)
    snow(i).x = CInt(Int(ScaleWidth * Rnd))
    snow(i).y = 0
    snow(i).oldX = 0
    snow(i).oldY = 0
    snow(i).iStopped = 0
End Sub

Private Sub Form_QueryUnload(Cancel As Integer, UnloadMode As Integer)
jalan = False
End Sub

Private Sub Timer1_Timer()
DrawSnow
End Sub
Code:
Source Code untuk Module1

Option Explicit

Type xparticle
    x As Integer
    y As Integer
    oldX As Integer
    oldY As Integer
    iStopped As Integer
End Type

Global Const kecepatan_salju = 400
Global Const ukuran_salju = 1
Global snow(0 To kecepatan_salju) As xparticle
Link DL disini nich.. : Form Salju By Yopisukital




Spoiler untuk Penjelasan Dari Aplikasi Pertamaku:


Spoiler untuk 1:

Source Code Form1 ( Menu )

Private Sub editor_Click()
Form3.Show
Unload Me
End Sub

Private Sub media_Click()
Form2.Show
Unload Me
End Sub

Private Sub ex_Click()
End
End Sub

Private Sub ab_Click()
Form4.Show
End Sub
baik saya akan menjelaskan fungsi masing² Script

Private Sub editor_Click()
End Sub


^ jika kita membuat menu makan Script ini akan otomatis Muncul,, bgtu Pula Jika Kita Membuat Sebuah Tombol

Form3.Show
^ form dari script ini berfungsi Untuk Menampilkan Form 3

Unload Me
^ fungsi dari script ini Untuk Tdk Menampilkan Form Yang Tdk aktif, contoh : jika kita membuka Form2(media player) maka form utama akan hilang, dan jika kita membuka form utama maka form2(media player) akan hilang dan form utama akan muncul kembali.

End
^ Untuk Keluar dari aplikasi yang telah kita buat


Spoiler untuk 2:

Source Code Form2 ( Media Player )

Private Sub xpbutton_control1_Click()
CommonDialog1.Filter = "*.avi|*.avi"
CommonDialog1.Action = 1
WindowsMediaPlayer1.URL = CommonDialog1.FileName
End Sub

Private Sub xpbutton_control2_Click()
Form1.Show
Unload Me
End Sub
CommonDialog1.Filter = "*.avi|*.avi"
^ fungsi dari script ini Untuk Melakukan Filter/Penyaringan terhadap file yg dimasukan. klu disini saya hanya Menyaring File AVi, jadi hanya file avi yang akan Muncul ktika kita mencari file

- CommonDialog adalah sebuah komponen dialog yang standar digunakan oleh berbagai jenis program. Misalnya untuk membuka file (Open) serta untuk menyimpan file (Save).


CommonDialog1.Action = 1
^ Agar commondialog dapat berjalan dengan lancar maka kita harus menambahkan script action(aksi) dengan nilai 1, satu disini berarti True..


WindowsMediaPlayer1.URL = CommonDialog1.FileName
^ Windows media player akan membuka File dari URL yg diberikan Oleh common dialog, dan URL itu adalah Sebuah Nama file yg kita pilih tadi dari commondialog


Spoiler untuk 3:

Source Code Form3 ( TextBox )

Private Sub xpbutton_control1_Click()
If MsgBox("Apakah anda yakin akan Membuat File Baru ??", vbQuestion + vbYesNo, "Konfirmasi") = vbYes Then
End If
RichTextBox1.Text = ""
End Sub

Private Sub xpbutton_control2_Click()
CommonDialog1.Filter = "File Teks (*.txt)|*.txt| File HTML (*.html)|*.htm"
CommonDialog1.ShowOpen
RichTextBox1.LoadFile CommonDialog1.FileName
End Sub

Private Sub xpbutton_control3_Click()
CommonDialog1.Filter = "File Teks (*.txt)|*.txt| File HTML (*.html)|*.htm"
CommonDialog1.ShowSave
End Sub

Private Sub xpbutton_control4_Click()
Form1.Show
Unload Me
End Sub
If MsgBox("Apakah anda yakin akan Membuat File Baru ??", vbQuestion + vbYesNo, "Konfirmasi") = vbYes Then
End If

*Merah Merupakan Script Yang digunakan Untuk mebuat box yg akan menampilkan Pesan/atau Pemberitahuan Ketika Kita Mengklik Sebuah Tombol, Klu pada Aplikasi Aku ini Diletakan Pada Tombol Untuk MEmbuat File Baru,,

*Biru mungkin teman² semua sudah tau maksud dari script ini,, ini adalah sebuah Logika Pengandaian dari sebuah program.. Penulisan Aslinya bgni..
If condition Then
end if

RichTextBox1.Text = ""
^ Fungsinya Membuat Richtext Baru Yang Kosong.. Artinya Jika Pada MSG box tdi kita pilih Yes maka akan Muncul Sebuah Richtext Kosong/Baru..

CommonDialog1.Filter = "File Teks (*.txt)|*.txt| File HTML (*.html)|*.htm"
^ Mungkin ini Sama Dengan yang ada Pada Spoiler 2,, Bedanya hanya File Yang di Filter,, tapi ttap akan saya jelaskan
fungsi dari script ini Untuk Melakukan Filter/Penyaringan terhadap file yg dimasukan. klu disini saya hanya Menyaring File TXT & HTML, jadi hanya ke-2 file ini yang akan Muncul ktika kita mencari file

CommonDialog1.ShowOpen
^ untuk Memunculkan Open dialogbox

RichTextBox1.LoadFile CommonDialog1.FileName
^ Richtextbox1 akan membuka File dari URL yg diberikan Oleh common dialog, dan URL itu adalah Sebuah Nama file yg kita pilih tadi dari commondialog

CommonDialog1.ShowSave
^ Memunculkan Save Dialogbox


Aplikasi Prtamaku


Spoiler untuk VB.Net:

Spoiler untuk tentang VB.Net:

Microsoft .NET-yang awalnya disebut Next Generation Windows Services (NGWS). Adalah suatu platform untuk membangun dan menjalankan generasi penerus aplikasi-Aplikasi terdistribusi. Microsoft .NET merupakan framework (kerangka) pengembangan yang menyediakan antarmuka pemrograman baru untuk layanan Windows dan API (Application Programming Interface). Microsoft .NET merupakan strategi Microsoft untuk menghubungkan sistem, informasi, dan alat (device), sehingga orang dapat berkomunikasi serta berkolaborasi dengan lebih efektif. Teknologi .NET terintegrasi penuh melalui produk-produk Microsoft, dan menyediakan kemampuan untuk mengembangkan solusi dengan menggunakan Web service. Platform Microsoft .NET terdiri dari lima komponen utama yang tersusun dalam tiga lapisan (layer). Lapisan paling bawah adalah sistem operasi lapisan kedua terdiri dari tiga komponen; lapisan teratas adalah Visual
Studio .NET.



Visual Basic .NET (ata u VB.NET) merupakan salah satu bahasa pemrograman yang bisa digunakan untuk membangun aplikasi-aplikasi .NET di platform Microsoft .NET. Tidak seperti generasi sebelumnya. Visual Basic versi 6.0 ke bawah yang lebih difokuskan untuk pengembangan aplikasi desktop, Visual Basic .NET memungkinkan para pengembang membangun bermacam aplikasi, baik desktop maupun aplikasi web. Seiring dengan perkembangan aplikasi perangkat lunak yang semakin kompleks, saat ini Visual Basic .NET memasuki versi kelima (Visual Basic 2008). Meskipun demikian karena beberapa alasan dalam praktikum ini menggunakan Visual Basic .NET 2005 (atau VB.NET 2005 atau VB 2005 a tau VB.NET 8)

o IDE Visual Basic IDE (Integrated Development Environment), atau juga disebut sebagai Integrated Design/Debugging Environment, adalah perangkat lunak
komputer yang berfungsi untuk membantu pemrogram dalam mengembangkan perangkat lunak. Singkatnya, IDE merupakan suatu lingkungan pengembangan aplikasi yang terintegrasi; lengkap dengan beragam tools atau utilitas pendukung


Spoiler untuk Tutorial Dasar:

a. Membuat Project Baru
Project merupakan kerangka dasar aplikasi yang sangat menentukan jenis aplikasi yang akan dibuat. Untuk memulai pembuatan project, ikuti langkah-langkah berikut:
1. Jalanka n Visual Basic 2005 Express Edition.
2. Klik menu File > New Project, atau melalui ikon New Project, atau melalui kombinasi tombol Ctrl+N.
3. Pada kotak dialog New Project, pilih template Windows
Application, kemudian klik OK



Windows Application. Untuk menciptakan aplikasi-aplikasi Windows yang berjalan secara lokal di komputer user.
• Class Library. Untuk menciptakan kelas-kelas atau komponen-komponen reusable yang dapa t di-share dengan project lainnya .
• Console Application. Untuk membuat aplikasi-aplikasi command-line.
• My Movie Collection Starter Kit. Untuk menciptakan aplikasi pre-built My Movie Collection, dan bisa di-customize sesuai kebutuhan.
• ScreenSaver Starter Kit. Untuk menciptakan aplikasi pre-built Screen Saver, dan bisa di-customize sesuai ke butuhan


-=> Membuat Aplikasi Windows
1. Buat project baru, atau lanjutka n project pertama Anda sebelumnya.
2. Ta mbahkan sebuah kontrol Label ke form, denga n cara mengklik ganda Label diToolbox, atau men-drag Label ke form. Atur propertinya seperti tabel berikut:

Objek Properti Nilai
Name lblText Label
Text (Kosongka n isinya)

3. Ta mbahkan event Load pada form dengan salah satu cara be rikut:
a. Klik ganda area form kosong.
b. Klik area form kosong, kemudian tekan F7.
4. Lengkapi kode event handler-nya seperti berikut:

Code:
Public Class Form1 
 
    Private Sub Form1_Load(ByVal sender As Object, _ 
    ByVal e As System.EventArgs) Handles Me.Load 
        ' Men-set title (judul) window 
        Me.Text = "Latihan" 
 
        ' Men-set teks kontrol label 
        Me.lblTeks.Text = "Selamat Belajar Teman-Teman FT-UM" 
    End Sub 
 End Class
5. Jalankan aplikasi dengan menekan tombol F5 (di keyboard), atau melalui ikon Start Debugging di toolbar, atau melalui menu Debug > Start Debuging.
6. Simpan aplikasi Anda.


-=> Membuat Aplikasi Console
1. Buat project baru, pilih template Console Application, kemudian klik OK.
2. Lengkapi kode programnya seperti berikut:
Code:
Module Module1 
     Sub Main() 
        ' Mencetak teks ke console 
        Console.WriteLine("Apa Kabar Teman-Teman FT-UM") 
        Console.WriteLine("Selamat Belajar Pemrograman Visual") 
         Console.Read() 
     End Sub 
 End Module
3. Tekan F5 untuk menjalankan aplikasi.
4. Simpan aplikasi Anda.



Spoiler untuk E-Book & Source Code:

Spoiler untuk Ebook:

VB 2008 Step By Step
Code:
http://www.enterupload.com/cfrx9tykympp/Microsoft.Visual.Basic.2008.Step.by.Step.rar.html
Mastering VB 2008
Code:
http://www.enterupload.com/jwh0b1td2buh/Mastering.Microsoft.Visual.Basic.2008.rar.html


Spoiler untuk Source Code:

Code:
Aplikasi Buku Tamu
http://www.mediafire.com/download.php?ymdqmjmmhtn
Code:
http://www.maknyos.com/d82oroqptful/Multiple_Splash_Screen-maknyos.com.Rar.html

Code:
http://www.maknyos.com/soqjjrvj2v4t/Advanced_multiple_client_server-maknyos.com.rar.html
Code:
http://www.maknyos.com/va95fqgw3sql/advanced_multiple_client_server_chat-maknyos.com.Rar.html
Code:
http://www.maknyos.com/bly3skuqk80j/tag_info_form_a_mp3-maknyos.com.Rar.html



Recent Posts

comments powered by Disqus