Cara Mudah Meng-Hack Ponsel Symbian Tanpa Sertifikat (.cer dan .key)

Kedepannya informasi seputar ponsel akan banyak membahas tentang moding. Nah untuk itu kini saya akan langsung saja membahas hal dasar yang harus anda lakukan untuk melakukan tips trik moding yang akan saya share pada artikel mendatang. Tidak hanya moding, anda juga harus meng-hack ponsel anda jika ingin memasang aplikasi ponsel yang belum Sign (belum mendapat sertifikat dari pihak nokia & symbian). Hari ini saya akan share Tips Trik Cara Meng-Hack Ponsel Symbian.

Sebenarnya sudah banyak blog yang membahas tentang Cara Meng-Hack Ponsel Symbian, tapi tidak apa karena dengan artikel ini mungkin besok saya akan terbantu jika ada yang bertanya bagaimana Cara Meng-Hack Ponsel Symbian. Daripada berpanjang lebar, saya akan langsung saja memulai tutorial ini.

 Request Sertifikat dan Key
1. Buka situs http://cer.opda.cn/en/index.php.
2. Klik register di pojik kanan atas.

3. Isi formulir yang disediakan.
4. Jika pendaftaran succes, maka akan ada tulisan Registered Succesfully.
5. Jika sukses, langsung saja login dengan meng-Klik tombol login dan masukkan data yang anda masukkan pada waktu pendaftaran tadi.
6. Sekarang saatnya meminta sertifikat. Klik tombol Apply Cer
7. Masukkan data-data ponsel anda seperti di bawah ini. Kemudian klik tombol Submit Aplication.
8. Maka request anda segera di proses kurang lebih 6 jam. Kalau system sedang tidak sibuk, maka cer dan key bisa langsung anda dapatkan.
9. Jika sudah muncul tampilan seperti ini, klik link Cer dan Key untuk mendownload key dan sertifikat seperti yang saya garis bawahi pada gambar di bawah ini. Klik juga FreeSigner.sisx yang ada pada bagian bawah tabel (saya garis bawahi merah) untuk mendownload aplikasi FreeSigner. Klik juga Hellox yang bisa anda dapatkan pada attachment di bawah. Simpan semua dalam ponsel anda pada satu folder.



Men-Sign Aplikasi Helloox Untuk Persiapan meng-Hack
1. Install freesigner yang tadi anda download. (Buka menu File Manager dan buka/install file freesigner yang tadi telah anda download). Jika gagal, ubah tanggal pada ponsel anda ke tanggal setahun yang lalu. Jika masih gagal mundurkan satu tahun lagi pengaturan tanggal ponsel anda.
2. Setelah terinstall, Jalankan aplikasi Free Signer tersebut dari menu ponsel anda. Kemudian Tekan Options>Settings.
  • Pada Self Sign Cert, masukkan dengan file .cer yang tadi anda download dari situs OPDA. (Buka folder tempat anda menyimpan file .cer dan tekan ok/Select.
  • Pada Self Sign Key, masukkan dengan file .key yang tadi anda download dari situs OPDA. (Buka folder tempat anda menyimpan file .key dan tekan ok/Select.
3. Tekan Back, lalu tekan Add Task. Cari file Heloox yang tadi anda download. Sorot lalu klik Options>Sign SIS.
4. Klik Options>GO! Maka file installer helloox anda sudah sign.
5. Masuk lagi ke Menu File Manager. Sekarang buka dan install file installer Helloox tersebut yang terletak di folder yang sama di tempat anda menyimpan file helloox tadi (klik yang berekstensi .sisx).

Meng-Hack Ponsel anda
1. Masuk ke Menu. Cari Aplikasi Helloox pada menu ponsel anda (Sebelumnya semua aplikasi yang sedang terbuka pada ponsel anda harus di tutup terlebih dahulu untuk menghindari error!)
2. Buka aplikasi tersebut. Biarkan proses berjalan hingga selesai.
3.  Setelah proses hacking selesai, re-Start ponsel anda. (umumnya ponsel akan langsung ter-restart secara otomatis).
4. Setelah ponsel menyala kembali, akan ada menu tambahan baru pada menu ponsel anda, yaitu ROMPatcher. Buka aplikasi tersebut kemudian klik Options>All Patches>Apply.
Maka Patches yang ada pada aplikasi tersebut akan berubah menjadi berwarna hijau dan bertanda centang. Jika ada yang berwarna merah dan terdapat simbol X, maka patch tersebut tidak support pada ponsel anda. Jangan khawatir karena patch yang tidak berfungsi itu tidak akan merusak ponsel anda.

Sekarang anda sudah berhasil meng-hack ponsel anda. Untuk mencobanya, silahkan download dan install aplikasi yang masih unsign (biasanya ber-ekstensi .sis).

NB:
Untuk ponsel s60 3rd versi lawas seperti Nokia N91 biasanya tidak bisa melakukan trik ini. Untuk meng-hacknya, akan saya share di artikel mendatang. Dan trik tersebut lebih mudah untuk di terapkan dan support terhadap hampir semua ponsel s60 3rd lawas. Sekian untuk hari ini. bersiaplah untuk melakukan modifikasi pada ponsel anda. Karena ini hanyalah awal.



 Helloox v2.03



Recent Posts

comments powered by Disqus