Belajar Mengetik 10 Jari

Jika kita hitung jumlah tombol keyboard, paling hanya sekitar 106 hingga 110, tergantung dari jenis keyboard dan merknya. Kalau tidak salah ingatan saya, dulu saya mulai memakai komputer sejak sekitar tahun 1994. Selama itu, hanya untuk menghafalkan letak 100an tombol keyboard saja saya hingga sekarang belum bisa. Padahal hampir tiap hari saya selalu berada di depan komputer. Mungkin bisa dikatakan separuh dari waktu saya tiap hari ada di dekat komputer.
Itu yang menjadi dasar keinginan saya beberapa hari yang lalu untuk menghafalkan letak tombol-tombol keyboard dan belajar mengetik dengan 10 jari.
Untuk membantu proses belajar mengetik ini, saya menggunakan sebuah sofware yang namanya Letter Chase Typing Tutor. Kebetulan dulu pernah mempunyai software ini yang trial 30 hari tapi versi lama. Jika ingin mencoba sofware ini, versi terbarunya bisa didownload dari www.letterchase.com. Ada versi trialnya, bisa dipakai gratis selama 30 hari.
Metode yang digunakan oleh Letter chase ini agak lain dari metode mengetik 10 jari yang pernah saya pelajari dulu (waktu SMP dulu saya pernah mengikuti kegiatan extra kurikuler mengetik).
Metode yang dulu saya pelajari adalah dengan mengetik huruf-huruf seperti:
dfjk ddjj jkjk jfdk
Sedangkan pada letter chase langsung menggunakan beberapa huruf vokal, misalnya seperti ini:
jiffie derided duke
Karena selama belajar mengetik ini, masih saja saya seringkali melirik ke arah keyboard (mungkin sudah reflek saat tidak menemukan tombol yang dicari), akhirnya beberapa hari yang lalu saya hapus saja tombol-tombol keyboardnya dengan cutter.
:D
Dan jadilah sebuah keyboard gundul tanpa huruf-huruf.
keyboard tanpa huruf
Namun tentunya untuk belajar mengetik tidaklah harus sampai “menggunduli” keyboard seperti yang saya lakukan. Karena saya sendiri akhirnya malah kadang kebingungan, sebab belum semua letak tombolnya saya hafalkan. Dan akhirnya hanya tombol Backspace yang paling sering saya gunakan (karena salah terus saat mengetik).
Selain Letter Chase, program lain yang saya senangi untuk belajar mengetik adalah Typing of The Dead.

Ini sebuah game model first person shooter. Pemain menembaki zombie dan makhluk nggilani sejenisnya, tapi senjata yang digunakan untuk menembak adalah tulisan-tulisan yang harus diketik dengan tepat. Untuk downloadnya, silahkan dicari saja di google, sudah ada banyak yang menyediakan. Tinggal di search di google.com, ditambahi kata “free download” saja.

Recent Posts

comments powered by Disqus