Ingin Redam Stres? Menikah Saja!


Setelah menikah seseorang akan merasa lebih mudah mengatasi stres dalam hidup. eskipun beberapa orang menganggap menikah justru menambah beban, tetapi menurut penelitian, salah satu cara yang bisa Anda lakukan untuk terhindar dari stres dan hidup lebih relaks ternyata adalah dengan menikah. Penelitian tersebut dilakukan oleh dari Chicago University, Amerika Serikat.

Pada penelitian sebelumnya diketahui, pernikahan bisa mengurangi risiko penyakit jantung masalah kesehatan lainnya. Dari hasil penelitian terbaru, peneliti menemukan mahasiswa yang diberikan tes tertentu percaya bahwa memiliki pasangan akan memengaruhi prospek karier yaitu dengan produksi hormon stres atau kortisol yang lebih sedikit.

"Kami menemukan pernikahan memiliki efek meredam respon hormon kortisol pemicu stres psikologis, dan ini merupakan temuan baru," kata Profesor Dario Maestripieri dari Chicago University, seperti dikutip dari Daily Mail.

Hasil penelitian menunjukkan seorang individu yang yang masih lajang lebih reaktif terhadap stres psikologis dibandingkan individu yang menikah. "Kesimpulannya, secara konsisten pernikahan dan dukungan sosial bisa menjadi penghalang stres," katanya menambahkan.

Peneliti juga mengungkap, walaupun hubungan pernikahan bisa memicu stres, tapi setelah menikah seseorang justru merasa lebih mudah untuk mengatasi stres dalam hidup. Penelitian melibatkan 500 responden, dan hampir setengahnya berstatus menikah atau memiliki hubungan.

Mereka diminta untuk bermain permainan komputer untuk mengetes perilaku ekonomi. Air liur (saliva) mereka juga diperiksa untuk mengetahui perubahan hormon yang dialami.

sumber: disini

Recent Posts

comments powered by Disqus