Tips agar anda disenangi orang

ROYAL DALAM MEMBERIKAN PUJIAN
Pujian itu seperti air segar yang bisa menawarkan rasa haus manusia akan penghargaan. Dan kalau anda selalu siap membagikan air segar untuk orang lain. Anda berada pada posisi yang strategis untuk disukai orang lain. Bukalah mata lebar-lebar untuk melihat kebaikan-kebaikan pada diri orang lain. Lalu pujilah dengan setulus hati.



BUATLAH ORANG LAIN MERASA DIRINYA PENTING.
Tunjukkan dengan sikap dan ucapan bahwa anda menganggap orang lain itu penting. Misalnya jangan membiarkan orang lain menunggu terlalu lama, katakan maaf dan tepati janji. Serta bersikaplah ramah.

JADILAH PENDENGAR YANG BAIK
Kalau bicara itu perak dan diam itu emas. Maka pendengar yang baik lebih mulia dari keduanya. Pendengar yang baik adalah orang yang disukai oleh semua orang. Berilah kesempatan kepada orang lain untuk berbicara. Dengarkanlah dengan antusias dan jangan menilai atau menasihati kalau tidak diminta.

USAHAKAN UNTUK MENYEBUT NAMA DENGAN BENAR.
Umumnya orang tidak suka bila namanya disebut salah atau sembarangan. Nama adalah milik berharga dan sangat pribadi. Kalau ragu tanyakan bagaimana melafalkan nama orang bersangkutan.

BERSIKAPLAH RAMAH
Keramahan memecahkan kebekuan dan kekakuan suasana, keramahan membuat orang lain dihargai dan diterima. Keramahan membuat orang lain betah bersama anda.

BERMURAH HATILAH.
Anda tidak akan menjadi miskin karena memberi, dan tidak kekurangan karena berbagi. Seorang bijak penah mengatakan ini.. maaf lupa namanya. “Orang bermurah hati berbuat baik untuk dirinya sendiri.” Orang yang bermurah hati lebih mudah diterima dan dihargai dibandingkan orang yang egois, pelit dan hanya ingin diberi.

HINDARI KEBIASAAN MENGKRITIK, MENCELA DAN MENGANGGAP REMEH.
Semua itu menyerang langsung ke pusat harga diri dan bisa membuat orang lain mempertahankan harga diri dengan sikap yang tidak bersahabat. Umumnya orang tidak suka jika kelemahannya diketahui oleh orang lain.


BERSIKAPLAH ASERTIF
Orang yang disukai bukan hanya orang yang menjawab “ya”. Tetapi orang yang bisa berkata “bukan” bila diperlukan. Bisa saja kan pendapat anda dan pendapat orang lain berseberangan. Jangan takut untuk berbeda pendapat dengan orang lain. Bagaimanapun sikap asertif selalu lebih dihargai daripada sikap “YESMEN”.

BERBUATLAH APA YANG ORANG LAIN INGIN PERBUAT KEPADA ANDA.
Ini dia. Perlakuan apapun dari orang lain yang dapat menyukai hati itulah yang harus anda lakukan terlebih dahulu. Anda harus mulai melakukan inisiatif. Tidak gampang memulai tapi itulah yang harus kita lakukan agar orang lain melakukannya untuk kita.

CINTAILAH DIRI SENDIRI
Harus. Mencintai diri sendiri berarti menerima diri apa adanya. Menyukai dan melakukan yang terbaik untuk dirinya sendiri, ini berbeda dengan egois yang selalu mementingkan diri sendiri. Atau egosentris yang selalau berpusat pada diri sendiri. Dengan menerima dan menyukai diri sendiri anda akan mudah menyesuaikan diri dengan orang lain.

Recent Posts

comments powered by Disqus