Cara Konversi Format Video

Sebenarnya dalam melakukan konversi format video ini ada dua hal yang sering tidak dibedakan, yaitu konversi format video dan kompresi format video.

Misalnya perubahan format avi menjadi format Mpeg, 3gp, sedangkan apabila format avi menjadi divx dll, sebenarnya format video tetap avi, hanya dikompresi menjadi divx.
Disarankan bila ingin melakukan konversi format-format video, sebaiknya kita memahami dan mengenal terlebih dahulu tentang berbagai macam format video, untuk lebih jelasnya dapat dibaca pada tulisan sebelumnya pada blog ini, klik  disini (Memahami Format Audio & Video 1 dan 2)

Untuk melakukan konversi berbagai format audio dan video, diperlukan Codec yaitu seperangkat software yang mengompres  ( compress) dan mendekompres ( decompress ) data di file media bila file tersebut ingin dibuka kembali. Pastikan codec tersebut telah anda miliki atau jika meragukannya, download terlebih dahulu disini
Hal yang penting untuk diketahui adalah memahami tampilan  frame standard dari format video tersebut :
  • VCD NTSC (352×240 ; 29,97fps)
  • VCD PAL (352×288 ; 25 fps)
  • SVCD PAL (480×576 ; 25 fps)
  • DVD NTSC (720×480 ; 29,97 fps)
  • DVD PAL (720×576 ; 25 fps)
Ukuran frame tersebut di atas, mempengaruhi kualitas tampilan gambar apabila ingin disimpan dalam keping vcd, svcd atau dvd. Disarankan apabila tidak memiliki dvd writer, sebaiknya lakukan pembakaran/burning pada cd dalam bentuk SVCD, yang memiliki kulitas gambar di atas kualitas vcd.
Cara Konversi format video
Seperti juga konverter audio, terdapat banyak aplikasi konverter video yang dapat digunakan dan dapat diperoleh secara gratis, salah satunya yang digunakan dalam tulisan ini adalah Jet Audio 7, (download disini), lakukan instalasi pada komputer anda.
Walaupun aplikasi ini ditawarkan secara gratis, kemampuan aplikasi Jet Audio  ini sebagai konverter video sangat dapat diandalkan dan mendukung banyak format. Selain sebagai konverter video,  aplikasi Jet Audio 7 ini juga merupakan Audio-Video Player dan Konverter Audio dll (baca cara konversi format  audio)
  • Buka aplikasi Jet audio 7 -> pada tampilan player -> klik tombol Convert -> pilih Convert Video

  • Akan terbuka kotak convert video -> add files untuk memasukkan file video yang akan di konversi

  • Pada Target file -> tentukan nama output yang diinginkan -> tentukan folder untuk hasil konversi ->
  • Hal yang penting untuk melakukan konversi adalah pada output setting -> klik tombol output setting
  • Akan terbuka kotak untuk memilih format yang kita inginkan -> terdapat berbagai pilihan format seperti avi, mpg, wmv, mp4 -> tentukan juga size video yang kita inginkan -> tentukan frame rate dan video bitrate -> konfigurasi pada output setting ini yang akan mempengaruhi kualitas dari gambar video -> untuk lebih memahami lakukan beberapa percobaan dengan berbagai format.
  • Bila kita ingin melakukan konversi dan sekaligus memotong video -> klik tombol source option -> pilih tab range -> geser kekanan range yang kita inginkan atau dapat melalui tampilan waktu -> klik tanda panah yang menunjuk ke atas -> klik OK
  • Klik tombol Start -> proses konversi akan berjalan hingga selesai -> klik done
  • Selesai -> lihat hasil konversi pada folder yang telah ditentukan sebelumnya.


Recent Posts

comments powered by Disqus