NSA [National Security Agency] , Agensi Rahasia AS


logo

Didirikan : 4 November 1952

Direktur: Letnan Jendral Keith B. Alexander dari Angkatan Darat AS

Wakil Direktur: John C. Inglis

Anggaran: Dirahasiakan

Jumlah Pegawai: 30,000 orang



Markas Besar

Fort George G. Meade (biasa disebut Fort Meade), Maryland bangunannya biasa disebut orang-orang sekitar sebagai "The Building" gambarnya ada di bawah nih..

Sejarah

Asal mula NSA dapat dirunut sejak pendirian Armed Forces Security Agency (AFSA, Badan Keamanan Angkatan Bersenjata) pada 20 Mei 1949. Organisasi ini awalnya didirikan didalam Dephan AS, dibawah komando para Kepala Staf di militer AS. AFSA awalnya bertugas untuk mengatur aktivitas intelijen elektronik dan komunikasi dari intelijen militer di ketentaraan AS. Namun, AFSA hanya memiliki kendali koordinasi yang kecil. Lalu pada 10 Desember 1951, Direktur CIA Walter Bedell Smith mengirimkan memo kepada Sekretaris Eksekutif Dewan Keamanan Nasional AS James S. Lay, menyatakan "kendali dan koordinasi terhadap pengumpulan dan pemrosesan intelijen komunikasi terbukti tidak efektif" dan menyarankan sebuah survei terhadap aktivitas intelijen komunikasi. Usulan ini diterima pada 13 Desember 1951, dan penyelidikan diizinkan pada 28 Desember 1951. Laporan tersebut selesai pada 13 Juni 1952, dikenal sebagai "Laporan Komite Brownell]], dari nama ketua komite Herbert Brownell. Komite ini menyelidiki sejarah aktivitas intelijen komunikasi AS dan mengatakan dibutuhkan koordinasi dan pengaturan yang jauh lebih besar di tingkat nasional. AFSA lalu diganti menjadi NSA, dan peran NSA tidak lagi hanya mencakup intelijen angkatan bersenjata.

Formalisasi dari pembentukan NSA disahkan oleh surat yang ditulis Presiden AS Harry S. Truman pada Juni 1952. NSA didirikan secara resmi melalui revisi National Security Council Intelligence Directive (NSCID) pada 24 Oktober 1952, dan mulai eksis pada 4 November 1952. Surat Truman tersebut nyatanya merupakan informasi rahasia, dan tidak diketahui umum selama bertahun-tahun.

Tugas NSA

Tugas utama NSA ialah menjaga keselamatan dan keutuhan Amerika Serikat dengan cara mencari tahu segala informasi yang berhubungan dengan keselamatan/keamanan negara. Dengan operasi intelejen ataupun kontra-intelejen. Salah satu realisasinya ialah dengan mengawasi setiap komunikasi seluruh warganya, mulai dari telepon, SMS, faksimile bahkan email. Mana mungkin? Tentu saja mungkin, dengan kriptografer-kriptogtafer terbaik di dunia, tentu saja mereka bisa melakukan segalanya, bahkan membuka setiap email yang kita kirimkan/terima. Bahkan NSA punya slogan "Anything possible. The impossible just take longer."

Teknologi NSA

Diyakini NSA punya sebuah komputer raksasa yang bisa melakukan brute-force-attack kepada setiap email berpassword puluhan digit hanya dengan hitungan detik atau menit. Namun, NSA sendiri berkali-kali mengelak ketika ditanya publik mengenai hal tersebut. Berikut beberapa teknologi "usang" NSA yang sudah dimuseumkan.

IBM

FROSTBURG
Teknologi NSA Lainnya

LMD-KP
KY-68
KW-26
KL-7

KOI-18



Beberapa Kriptografer NSA
William F. Friedman
Herbert Yardley

Recent Posts

comments powered by Disqus