Ibadah Penggugur Dosa (Shalat, Jumat, dan Ramadhan)

Kitab Bahjatu Qulubil Abrar Hadits 24
Dari Abu Hurairah Radhiyallahu’anhu, bersabda Rasulullah Shalallahu ‘alaihi wa salam, lima waktu, dari ke berikutnya, dan dari Ramadhan ke Ramadhan berikutnya, adalah penggugur - (antara ibadah tersebut) selama meninggalkan besar” (HR Muslim)
Hadits di atas menunjukkan besarnya keutamaan dan kemurahan Allah dengan diutamakannya 3 ibadah yang mulia ini. Tiga ibadah ini memiliki keutamaan yang tinggi di sisi Allah.
lima waktu membenarkan keimanan seorang hamba, berbeda dengan ibadah yang lainnya seperti zakat, haji, dan . Sehingga seseorang yang meninggalkan karena malas maka dia telah keluar dari agama Islam (kafir) berbeda dengan orang yang meninggalkan zakat atau haji karena kikir, dan karena malas.
Hari adalah hari yang mulia dalam sepekan. Merupakan hari khusus bagi umat Islam dimana umat Yahudi (Sabtu) dan Nashrani (Ahad) dipalingkan dari hari . Hari dimana umat Islam berkumpul, hari dimana berkumpul ibadah-ibadah dan kebaikan yang banyak. Juga merupakan hari dimana keseluruhan waktunya adalah waktu yang mustajab untuk berdoa, terutama setelah Ashar hingga Maghrib.
Bulan Ramadhan merupakan bulang yang memiliki keutamaan yang besar. Bulan dimana syaithan dibelenggu, surga dibuka pintunya, dan neraka ditutup pintunya. Ramadhan yang dimaksud dalam hadits adalah dengan mengerjakan ibadah di bulan Ramadhan secara sempurna keseluruhannya.
Merupakan rahmat Allah dimana tiga ibadah diatas dapat menggugurkan - kecil walaupun seseorang belum bertaubat dari kecil tersebut. Adapun besar dapat digugurkan dengan taubat.
[SND] Ibadah_Penggugur_Dosa_Shalat_Jumat_Ramadhan_AlUstadzDzulqarnain_a.mp3 3.1M
[SND] Ibadah_Penggugur_Dosa_Shalat_Jumat_Ramadhan_AlUstadzDzulqarnain_b.mp3 8.4M

Recent Posts

comments powered by Disqus