Berpikir Besar dan Berjiwa Besar


LANGKAH DASAR MENUJU KEBERHASILAN
#Percayalah pada diri sendiri, percayalah anda dapat berhasil
Berikut ini adalah tiga pedoman untuk mendapatkan dan mengokohkan kekuatan kepercayaan.
1.      Berpikir sukses, jangan berpikir gagal
2.      Ingatlah diri anda secara teratur bahwa anda lebih baik daripada yang anda kira, kembangkan kepercayaan diri sendiri bahwa saya bisa!...
3.      Percaya besar
Vaksin terbaik untuk mencegah dahlih kesehatan terdiri  atas 4 (empat) dosis :
a.      Jangan berbicara tentang kesehatan anda
b.      Jangan terlalu mengkuatirkan tentang kesehatan anda
c.      Bersyukurlah secara tulus bahwa kesehatan anda baik sebagaimana adanya
d.      Sering-sering ingatkan diri anda : “Jauh lebih baik letih karena berkerja daripada letih karena menganggur.”
======= Pikiran yang memandu intelegensia anda jauh jauh lebih penting daripada berapa banyak intelegensia yang mungkin anda punyai (Pengendalian pikiran jauh lebih penting daripada memikirkan kecerdasan yang kita miliki)=========
Minat, antusiasme merupakan factor yang sangat penting mencapai kesuksesan. Ketekunan adalah 95% dari kemampuan.
Sikap mempengaruhi perbedaan dalam memanajemeni pikiran. Kita tidak dapat berbuat banyak mengubah cara kita menggunakan apa yang kita miliki.
Tiga cara mudah untuk menyembuhkan dahlih IQ adalah
1.      Jangan pernah meremehkan IQ anda sendiri dan menganggap terlalu tinggi IQ orang lain.
2.      Ingatkan diri anda beberapa kali setiap hari “Sikap saya jauh lebih penting daripada IQ saya.
3.      Ingat bahwa kemampuan berpikir jauh lebih bernilai daripada kemampuan mengingat fakta.
Taklukkan dahlih nasib dengan 2 (dua) cara:
1.      Terimalah hukum sebab akibat.
2.      Jangan menjadi orang yang suka berangan-angan kosong.
Ingat, keberhasilan datang dari pelaksanaan hal-hal dan penguasaan prinsip-prinsip yang menghasilkan keberhasilan.



============== TINDAKAN MENGALAHKAN KETAKUTAN ======================
Gunakan prosedur 2 (dua) langkah ini untuk menyembuhkan ketakutan dan mendapatkan kepercayaan :
1.      Kurung ketakutan anda
2.      Lalu, ambil tindakan
Buat 5 (lima) prosedur ini berkerja bagi  anda
1.      Tindakan menyembuhkan ketakutan. Kurung ketakutan anda dan kemudian ambil tindakan konstruktif. Tidak ada tindakan – Tidak melakukan apapun terhadap situasi – menguatkan ketakutan dan menghancurkan kepercayaan diri.
2.      Lakukan usaha tertinggi untuk memasukkan hanya pikiran positif kedalam ingatan anda. Jangan biarkan pikiran negative yang mencela diri berkembang menjadi monster mental. Jangan mau sama sekali mengingat kejadian/peristiwa yang tidak menyenangkan.
3.      Tempatkan orang dalam perspektif yang benar. Ingat, orang lebih sama, jauh lebih sama, ketimbang berbeda. Dapatkan pandangan yang seimbang mengenai orang lain. Ia hanya manusia bisa, bukan malaikat, jin atau sebagainya, kembangkan sikap penuh pengertian.
4.      Praktekkan melakukan apa yang hati nurani anda katakan sebagai hal yang benar kepada anda. Ini mencegah berkembangnya kompleks rasa bersalah yang beracun. Mengerjakan apa yang benar adalah kaidah yang sangat praktek untuk berhasil.
5.      Buat segalanya tentang anda berbunyi, “ Saya percaya diri, benar-benar percaya diri.” Praktekkan tehnik kecil ini di dalam aktivitas anda sehari-hari.
a.      Duduklah selalu dibarisan depan
b.      Adakan kontak mata
c.      Berjalanlah 25% lebih cepat
d.      Berbicaralah terus terang
e.      Tersenyumlah lebar-lebar

Bagaimana berpikir besar???.........
Kita tidak berpikir dalam kata-kata dan frase. Kita berpikir hanya dalam gambar dan citra. #@$%

4 (Empat) cara untuk mengembangkan kosakata pemikir besar :
Gunakan kata dan frase yang besar, positif dan riang untuk menggambarkan perasaan anda.
Gunakan kata dan frase yang cerah, ceria dan menyenangkan untuk menggambarkan orang lain.
Gunakan bahasa yang positif untuk membesarkan hati orang lain. Beri selamat secara pribadi pada setiap kesempatan.
Gunakan kata-kata positif untuk mengiktisarkan rencana kepada orang lain.
&%$#@ Pemikir besar melatih diri mereka untuk melihat bukan hanya apa yang ada, tetapi apa kemungkinan-nya. @#$%&




Bersikaplah menyenangkan kepada orang
-Semua orang –
Bahkan apabila kau seharusnya
Tidak perlu melakukannya
Semua orang adalah orang penting

Gunakan alat-alat di bawah ini dan berpikirlah secara kreatif

1.        Percaya bahwa sesuatu dapat dilakukan. Jika anda percaya sesuatu dapat dilakukan, pikiran anda akan mencari cara-cara untuk melakukanya. Percaya akan sesuatu solusi melicinkan jalan menuju solusi. Hapus kata, “tidak mungkin”, “tidak akan berhasil”, “tidak dapat dikerjakan”, dari pikiran dan kosakata pembicaraan anda.
2.        Jangan biarkan tradisi melumpuhkan pikiran anda. Bersikaplah menerima gagasan baru. Lakukan eksprimen. Coba pendekatan baru. Bersikaplah progresif dalam semua yang anda kerjakan.
3.        Bertanyalah kepada diri sendiri setiap hari, “Bagaimana saya dapat  berkerja dengan lebih baik? “ tidak ada batas untuk berbaikan diri. Ketika anda bertanya kepada diri sendiri , “Bagaimana saya dapat berkerja dengan lebih baik jawaban yang tepat pun akan muncul. Cobalah!!!.......
4.        Pertanyaan, “Bagaimana saya dapat berkerja dengan lebih baik? “ Kapasitas adalah keadaan pikiran. Mengajukan pertanyaan ini pada diri sendiri membuat pikiran anda berkerja mencari jalan pintas yang cerdik
5.        Praktekkan bertanya dan mendengarkan.
       Ingat!!!....... Orang besar memonopoli kegiatan mendengarkan, sebaliknya orang kecil memonopoli kegiatan berbicara.
6.        Bentangkan pikiran anda. Bergaullah dengan orang yang dapat membantu anda memikirkan gagasan baru, cara baru mengerjakan sesuatu; Berbaurlah dengan orang dari minat pekerjaan dan social yang berbeda.

Anda adalah apa yang anda pikirkan menenai diri anda

1        Cara anda berpikir menentukan bagaimana anda bertindak. Cara anda bertindak pada gilirannya menentukan : Bagaimana orang lain bereaksi  terhadap anda.

2        Orang yang berpikir pekerjaannya penting mendapat isyarat mental tentang bagaimana melakukan pekerjaannya dengan lebih baik; Dan pekerjaan yang baik berarti promosi lebih besar, uang lebih banyak, karir semakin menanjak, kebahagiaan lebih besar.

[Nama Anda], perkenalkan ini [nama anda] --- ia adalah orang penting, benar-benar penting. [nama anda], anda pemikir besar, jadi berpikirlah besar. Berpikir besar mengenai segalanya. Anda memiliki banyak kemampuan untuk melakukan pekerjaan kelas satu, jadi lakukanlah pekerjaan kelas satu.

[Nama Anda], anda percaya akan kebahagian, kemajuan, dan keberhasilan.
Jadi :       Berbicaralah hanya tentag kebahagiaan,
                Berbicaralah hanya tentang Kemajuan,
                Berbicaralah hanya tentang keberhasilan.
Anda memiliki motivasi tinggi, tinggi sekali. Jadi, manfaatkanlah motivasi itu. Tidak ada yang dapat menghentikan anda, tak seorang pun, yakinlah.

[Nama Anda], anda antusias, biarkan antusias anda terlihat. Anda tampak baik, [nama anda], percayalah. Tetapkan kebaikan dirimu.

[nama anda]. Anda orang hebat kemarin dan anda akan menjadi lebih hebat hari ini dan yang akan dating. Sekarang maju…. Maju… maju  terus…!!!!!

Tingkatkan cara berpikir anda, berpikirlah sebagaimana orang penting berpikir.

1.        Tampil penting; Penampilan anda berbicara kepadaa anda. Percayalah penampilan ini mengangkat semangat anda dan membangun kepercayaan anda. Penampilan anda berbicara kepada orang lain. Pastikan penampilan anda mengatakan ; Pandai, berhasil, dapat diandalkan.”

2.        Berpikirlah pekerjaan anda penting; Berpikirlah dengan cara ini dan anda akan menerima isyarat mental tentang bagaimana melakukan pekerjaan anda dengan lebih baik. Berpikirlah bahwa pekerjaan anda penting, maka bawaan anda akan merasakan bahwa pekerjaan ini benar-benar penting.

3.        Beri diri anda percakapan pendek ; Pemberi semangat beberapa hari sehari.  Kembangkan iklan “Menjual-diri-anda-kepada-diri-anda-sendiri.” Ingatkan diri anda pada setiap kesempatan bahwa diri anda adalah orang kelas satu

4.        Di dalam semua situasi kehidupan, bertanyalah kepada diri sendiri, “Apakah ini cara orang penting berpikir???” Kemudian taati jawabannya.

Atur lingkungan anda : gunakan selalu yang kelas satu.

Ingat : Orang yang mengatakan  kepada anda bahwa sesuatu tidak dapat dilakukan hampir selalu adalah orang yang tidak berhasil, orang yang bisa-biasa saja prestasinya.

1        Pastikanlah anda berada diantara orang-orang yang berpikir benar.
2        Jadikanlah kebiasaan meminta nasehat dari orang yang benar-benar tahu.
 Dibawah ini adalah beberapa hal sederhana yang “harus Dikerjakan” untuk membantu membuat lingkungan social anda menjadi kelas satu:
1.      Berkunjunglah ke kelompok-kelompok baru. Membatasi lingkungan social anda pada kelompok kecil yang sama menyebabkan kebosanan, kejemuan, ketidakpuasan, dan yang sama pentingnya, ingat bahwa program-program Pembina kesuksesan mensyaratkan bahwa anda menjadi ahli dalam mengerti orang. Berusaha belajar semua yang harus diketahui mengenai orang dengan mempelajari satu kelompok kecil sama juga dengan berusaha menguasai matematika dengan membaca satu buku pendek mengenai subjek tersebut.

Cari teman baru, bergabunglah dengan organisasi baru, perluas lingkungan social anda. Lalu, kembali variasi pada orang, seperti variasi dalam apapun yang lain. Menambah bumbu pada kehidupan dan memberinya dimensi yang lebih luas. Ini adalah makanan pikiran yang baik.

2.      Pilihlah teman-teman yang mempunyai pandangan yang berbeda dengan pandangan anda. Didalam abad modern ini, induvidu yang picik mempunyai masa depan yang sempit. Tanggung jawab dan posisi penting cenderung jatuh pada orang yang mampu melihat kedua sisi ini. Adapun politik anda, pastikan anda mempunyai teman dari “Warna” yang berbeda. Kenali orang dari kepercayaan agama yang berbeda pula. Bergaullah dengan pihak lawan. Akan tetapi, pastikanlah mereka adalah orang dengan potensi yang riil.

3.      Pilihlah teman yang tidak terikat pada hal-hal yang kecil dan tidak penting. Orang yang lebih peduli dengan ukuran rumah anda dn jumlah peralatan penghemat listrik yang anda punyai, atau tidak punyai, dan bukan dengan gagasan-gagasan dan percakapan anda, cenderung orang picik. Lindungi lingkungan pysikologis anda. Pilih teman yang berminat akan hal-hal positif yang benar-benar ingin melihat anda berhasil. Cari teman yang memberikan dorongan bagi rencana dan cita-cita anda. Jika anda tidak melakukannya, jika anda memilih pemikir picik bagi teman dekat anda, anda pun secara berangsur-angsur akan berkembang menjadi pemikir picik.

Buat agar lingkungan anda membuat anda berhasil.
Sadarlah akan lingkungan. Seperti halnya diet untuk membentuk tubuh, diet pikiran membentuk pikiran.
Buat lingkungan anda bekerja untuk anda, bukan melawan anda. Jangan biarkan kekuatan-kekuatan penindas – Orang-orang negative, yang mengatakan anda – tidak – dapat - melakukannya – membuat anda berpikir salah. 
Jangan biarkan orang yang berpikiran kecil menahan anda. Orang yang dengki ingin melihat anda tersandung. Jangan beri mereka kepuasan itu.
Dapatkan nasehat anda dari orang yang berhasil. Masa depan anda jauh lebih penting. Jangan pernah mengambil resiko dengan meminta nasehat dri penasehat Free-lance yang hidup dalam kegagalan.
Dapatkan banyak sinar matahari pysikologis. Berkunjunglah kekelompok-kelompok baru. Temukan hal-hal yang baru dan merangsang untuk dikerjakan.
Singkirkan racun pikiran keluar dari lingkugan anda. Hindari gossip. Berbicaralah tentang orang lain, tetapi tidak mengenai sisi positifnya.
Gunakan segalanya yang kelas satu. Anda tidak mampu menggunakan yang sebaliknya.

Jadikan sikap anda sekutu anda.
Tumbuhkan tiga sikap ini. Jadikan sikap sekutu anda dalam semua yang anda lakukan.
1.      Tumbuhkan sikap saya aktif
2.      Tumbuhkan sikap anda penting
3.      Tumbuhkan siakp pelayanan lebih dulu.

Prinsip dasar kehidupan yang behasil
1        Untuk mengaktifkan orang lain, anda harus lebih dulu mengaktifkan diri anda.
2        Untuk mengaktifkan orang lain, untuk membuat mereka antusias, anda sendiri harus lebih dahulu antusias
3        Antusias dapat membuat segalanya 1.100% lebih baik.



Dibawah ini adalah prosedur tiga langkah yang akan membantu anda mengembangkan kekuatan antusias.
Galilah lebih dalam. Cari tahu semua yang dapat anda ketahui mengenai orang lain – apa pekerjaannya, keluarganya, latarbelakangnya, gagasan dan ambisinya – dan anda akan menjadi semakin berminat dan antusias terhadapnya.
Dalam segala yang anda lakukan, lakukanlah dengan penuh semangat. Bersemangatlah. Pastikan semua yang anda kerjakan dan katakan mengatakan kepada orang lain bahwa “Orang itu hidup.”, “Ia bersugguh-sungguh”, “Ia mengalami kemajuan”.
Siarkan berita baik. Siarkan berita baik mengenai perasaan anda. Jadilah orang “saya – merasa – senang”. Katakanlah “saya merasa senang” dalam setiap kesempatan maka anda pun akan merasa lebih baik. Begitu pula, katakan kepada orang, “saya merasa tidak enak, benar-benar tidak enak” dan anda pun akan merasa  lebih buruk. Bagaimana kita merasakan ini sebagian besar ditentukan oleh bagaimana kita pikir kita merasa. Ingat pula bahwa orang lain ingin berada bersama orang yang gembira dan antusias. Bersama dengan orang yang suka mengeluh  dan setengah hidup benar-benar tidak menyenangkan.

Berita baik mendatangkan hasil baik, siarkanlah. “Beri mereka kabar baik atau jangan berikan sama sekali”. “Beri saya kabar baik atau jangan beri kabar sama sekali”.

Tumbuhkan sikap anda orang – Penting
1        Orang melakukan lebih banyak untuk anda jika anda membuat mereka merasa penting.
2        Ketika anda membantu orang lain merasa penting, anda membantu diri anda merasa penting pula.
Janganlah kita menipu diri. Orang yang tidak merasa dirinya penting sedang menuju kehidupan biasa-biasa saja. Kembali hal ini harus dicamkan :Anda harus merasa penting untuk berhasil. Membantu orang lain merasa penting memberi ganjaran kepada anda karena INI MEMBUAT ANDA MERASA LEBIH PENTING. Cobalah dan lihat hasilnya. Beginilah cara melakukannya.
1.      Berilah penghargaan. Jadikanlah kebiasaan untuk membiarkan orang lain tahu bahwa anda menghargai apa yang mereka lakukan untuk anda. Jangan pernah membiarkan siapapun merasa ia ditanggapi begitu saja. Berilah penghargaan dengan senyuman hangat dan tulus. Senyuman membuat orang lain tahu anda memperhatikan mereka dan merasa senang kepada mereka.

Berikan penghargaan dengan pujian yang jujur dan pribadi. Orang mengidamkan pujian – entah mereka berusia dua tahun, atau dua puluh, Sembilan atau sembilan puluh, orang sangat membutuhkan pujian. Ia ingin diyakinkan bahwa ia berkerja baik, bahwa ia penting. Jangan merasa bahwa anda harus menyampaikan pujian hanya untuk prestasi besar. Puji orang untuk hal-hal kecil : Penampilan mereka, cara mereka melaksanakan kerja rutin mereka, gagasan mereka, usaha mereka yang loyal. Puji dengan menuliskan surat pribadi yang memuji orang yang anda kenal berdasarkan prestasi mereka.
2.      Biasakan memanggil orang dengan menyebut nama mereka.
3.      Jangan memonopoli kebanggan diri, Investasikanlah.
Ingat, pujian adalah kekuatan. Investasikanlah pujian yang anda terima dari bos (atasan) anda. Teruskan kepada bawahan anda karena ini akan mendorong prestasi yang lebih besar lagi. Jika anda membagi pujian, bahwan anda tahu anda benar-benar mengahrgai nilai diri mereka.

Ingin menghasilkan uang ? Milikilah sikap : Utamakan – Pelayanan –
Benih uang adalah pelayanan. Itu sebabnya “utamakan pelayanan” adalah sikap mendatangkan kekayaan. Utamakan pelayanan lebih dahulu dan uang akan dating dengan sendirinya. Sikap mendahulukan pelayanan memberikan hasil dalam segala situasi.
Inilah dahlil sederhana tetapi manjur yang akan membantu anda mengembangkan sikap mengutamakan pelayanan. Selalu beri orang lebih daripada yang mereka harapkan. Tiap hal ekstra yang kecil yang anda lakukan untuk orang lain merupakan benih uang . Bersukarela untuk bekerja hingga larut agar departemen agar keluar dari kesulitan merupakan menih uang;member pelayanan-pelayanan ekstra adalah benih uang karena hal ini membuat pelanggan dating kembali; - mengajukan gagasan-gagasan baru yang akan meningkatkan efisiensi adalah benih uang.
Benih uang tentu saja menumbhkan uang. Tanam pelayanan dan panen uang.
Habiskan sejumlah waktu setiap hari sambil menjawab pertanyaan ini ; “Bagaimana saya dapat memberi lebih  dari yang diharapkan dari saya ?” Kemudian terapkan jawabannya.
Utamakan pelayanan dan uang dating dengan sendirinya.
Singkatnya, tumbuhkan sikap yang akan membawa anda menuju sukses.
1.        Tumbuhkan sikap “Saya aktif”. Hasil dating sebanding dengan antusias yang ditamamkan . Tiga hal yang harus dilakukan untuk mengaktifkan diri anda adalah :
a.      Gali lebih dalam. Jika anda mendapatkan diri anda tidak berminat akan sesuatu, galilah lebih dalam dan pelajari lebih banyak mengenai sesuatu itu. Ini menimbulkan antusias.
b.      Bersemangatlah dalam segalanyamengenai diri anda; senyum anda, jabatan tangan anda, cara berbicara anda, bahkan cara anda berjalan. Bertindaklah dengan penih semangat.
c.      Siarkan berita baik. Tak seorangpun mencpai apa saja yang positif dengan menyampaikan berita negative (Buruk).
2.        Tumbuhkan sikap “Anda orang penting”. Orang mengerjakan lebih banyak bagi anda jika anda membuat mereka merasa penting. Ingat untuk melakukan hal-hal ini ;
a.      Perlihatkan penghargaan pada setiap kesempatan. Buat orang merasa penting.
b.      Panggil orang dengan nama mereka.
3.        Tumbuhkan sikap “utamakan pelayanan”, dan saksikan uang datang dengan sendirinya. Jadikan kebiasaan dalam segala yang anda lakukan, beri orang lebih dari apa yang mereka harapkan.

Daftar untuk membuat orang menyukai anda.
1.        Belajarlah mengingat nama. Ketidakefisienan pada titik ini mungkin menunjukkan bahwa perhatian anda kurang.
2.        Jadilah orang yang menyenangkan sehingga anda tidak menjadi kaku. Jadilah orang yang luwes.
3.        Milikilah sikap santai dan rileks sehingga anda tidak mudah terganggu.
4.        Jangan congkak. Hindari kesan bahwa anda sok tahu.
5.        Kembangkan sifat menarik sehingga orang akan mendapatkan sesuatu yang bernilai dari pergaulan mereka dengan anda.
6.        Usahakan mendapatkan unsure “kasar” didalam kepribadian anda, bahkan unsur yang mungkin tidak anda sadari.
7.        Berusahalah secara tulus untuk memperbaiki setiap kesalahpahaman yang pernah anda alami. Buanglah keluhan anda.
8.        Biasakanlah menyukai orang sehingga anda belajar melakukannya secara sungguh-sungguh.
9.        Jangan pernah melewatkan kesempatan mengatakan selamat atas prestasi siapa pun, atau menyatakan simpati akan penderitaan
10.    Berikan kekuatan spiritual kepada orang, dan mereka akan memberikan kasih yang tulus kepada anda.
Orang paling penting yang hadir adalah orang yang paling aktif dalam memperkenalkan diri.

sumber : buku motivasi milik pribadi

Recent Posts

comments powered by Disqus