Pulau Bintan Menjadi Bagian Wisata Singapura


Pulau Bintan… nama yang jarang terdengar, namun menyimpan pesona keindaha tiada tara. Tak terbayang seperti apa bentuk pulau tersebut yang terbersit hanyalah “Bintan adalah daerah penghasil bauksit”. Kini bukan hanya bauksit yang dihasilkan Pulau Bintan, melainkan wisatawan manca negara. Ya!  Kini Bintan telah bersolek menjadi sebuah kawasan Wisata Internasional dimana di salah satu bibir pantainya telah dibangun hotel dan resort berbintang.

Pulau Bintan adalah pulau terbesar di Kepulauan Riau yang baru saja diresmikan sebagai provinsi dengan ibu kota Tanjung Pinang. Pulau Bintan ini terletak 50 miles sebelah selatan Singapura. Selain penambangan dan perdagangan antar pulau, turisme merupakan kontribusi yang terbesar bagi pendapatan daerah bagian utara pulau bintan yang disebut LAGOI. Lagoi disediakan khusus turisme, khususnya bagi turis-turis asal Malaysia dan Singapura.
Penataan lagoi ini seperti nusa dua di Bali dengan beberapa hotel bintang 5, golf courses dan juga spaPerlu diketahui mata uang yang diberlakukan untuk hotel-hotel berbintang adalah Dollar Singapura atau US Dollars. Daerah lagoi ini ditata sangat apik dengan sistem keamanan atau security yang sangat maksimal untuk memastikan keamanan bagi para turis.
Selama ini Indonesia identik menawarkan pulau bali kepada para turisme, tapi semua itu kini harus direvisi karena lambat tapi pasti pulau bintan kini berbenah total untuk menyambut wisatawan lokal maupun internasional.
Pulau Bintan ini muncul sebagai ikon pariwisata di Indonesia sekitar tahun1996. Dan secara resmi dibuka dengan nama Bintan Resort. Pulau yang eksotis itu kini menyulap diri menjadi surga wisata dunia. Keindahan pasir yang eksotis dan alami ini menjadi andalan untuk menarik turis mancanegara.
Banyak alternatif yang dapat dinikmati di lagoi, dari wisata pantai yang konvensional, hingga wisata hutan bakau. Pantai nya yang indah dan tertutup dari masyarakat ramai membuat keaslian pantai terjaga. Selain itu keamanan dan privasi pengunjung pun terjaga.
Dekat dengan Batam dan Singapura menjadi daya tarik tersendiri dari pulau ini. Memiliki banyak daya pikat, keindahan alam salah satunya. Kemilau pasir putih, birunya air laut dan rimbunnya pepohonan adalah perpaduan yang membuat pulau ini terlihat sangat cantik dan indah.
Bagi anda yang ingin menikmati keindahan bawah laut, juga akan terpuaskan di kawasan wisata ini. Anda bisa menikmatinya dengan diving maupun snorkelling. Selain itu juga para wisatawan dapat menikmati banana boating, parasailing, windsurfing juga kayaking.
Bahkan untuk Anda yang hobi memancing pun, Bintan Resort juga menyediakan fasilitas tersebutAnda juga bisa bekerja sama dengan para nelayan sehingga bisa belajar cara menangkap ikan secara tradisional.
Lalu bagaimana dengan Anda yang hobi menjelajah alam? Jangan khawatir karena disini juga menyediakan fasilitas itu. Lewat mountain bike ataupun tracking ke Gunung Bintang. Berada pada ketinggian sekitar 340 meter, maka mata Anda akan leluasa memandang kecantikan Pulau Bintan. Kemudian Anda bisa menjelajahi hutan mangrove sehingga bisa melihat secara langsung habitat hewan-hewan liar yang hidup didalamnya.
Fasilitas-fasilitas yang terdapatdi resort, benar-benar memanjakan para wisatawan yang datang. Di Angsana Resort misalnya terdapat fasilitas golf, olahraga air, dan spa. Sedangkan di Banyan Tree Bintan, tersedia vila-vila bernuansa alami, tersedia pula beberapa fasilitas eksklusif semacam jacuzi dan kolam berenang.
Lain lagi dengan Mayang Sari Beach Rresort, menyediakan pemandangan langsung ke pantai, begitu keluar dari bungalow mayang sari, kaki anda akan segera di songsong lembutnya pasir putih yang menghampar di bibir pantai, dan semua resort disini memiliki privat beaches ( pantai pribadi ).
Selain itu, bagian timur Pulau Bintan terdapat Pantai Trikora yang berbeda dengan lagoi. Pantai ini disediakan untuk para turis lokal yang sudah tentu tidak mendapatkan perlakuan seperi di lagoi. Hal ini dapat dilihat dari sepanjang jalan yang dijumpai perkampungan rakyat dan para nelayan, juga dari bentuk sarana dan prasarananya. Mulai dari hotel, restauran dan lain sebagainya.
Untuk dapat mencapai Pulau Bintan ini, Anda bisa menggunakan kapal feri dari dermaga telaga punggur Pulau Batam, menuju Tanjung Uban atau langsung keBandar Bentan Telani, dermaga khusus resort dikawasan lagoi, ini membutuhkan waktu hanya 45 menit. Sementara Tanjung Uban hanya 20 menit. Sedangkan dari terminal feri Tanah Merah singapura, butuh waktu 55 menit untuk sampai ke pulau ini.
Perlu juga Anda tahu bahwa tempat wisata ini (Pulau Bintan-red) dipasarkan Majalah Infinity holidays sebagai bagian dari daerah tujuan wisata Singapura lewat berbagai biro perjalanan utama Singapura. Pulau Bintan yang terletak sebelah selatan Singapura, dipasarkan sebagai daerah tujuan tambahan bagi para wisatawan mancanegara yang berlibur di negara kota tersebut. Pariwisata bahari dan sejarah di pulau terbesar digugusan pulau yang ada di provinsi Kepulauan Riau itu dimasukkan sebagai satu dari 10 tempat atraktif bagi para wisatawan asing yang mengunjungi Singapura. Operator pariwisata di Singapura juga menjual Bintan sebagai tempat berlibur yang tepat bagi para wisatawan yang mengunjungi berbagai daerah wisata asia dengan kapal pesiar super star.
Jadi jangan pernah ragu untuk mengunjungi pulau ini. Para turis mancanegara saja menjadikan tempat ini tujuan wisata mereka. So, jadikanlah pulau ini kunjungan Anda untuk berlibur berikutnya.berbagai sumber

Recent Posts

comments powered by Disqus