TIPS MEMBAKAR LEMAK


  1. Otot adalah mesin pembakar lemak alami, penopang keseimbangan tubuh, penentu metabolisme, paremeter kekuatan, juga parameter imunitas. Jadikan otot kawan, bukan lawan yang dihindari.
  2. Lemak adalah pengganggu kesehatan dan penampilan, penyebab kolesterol & tekanan darah tinggi, jantung koroner, stroke, diabetes, dan kanker. Kendalikan lemak, kendalikan risiko penyakit2 tersebut.
  3. Wanita latihan beban ototnya jadi kencang dan sexy. Pria latihan beban ototnya jadi membesar karena hormon penumbuh otot pada pria 10x lebih banyak daripada wanita.
  4. Untuk membentuk six-pack atau perut rata, kombinasi latihan beban+aerobik+diet lebih cepat daripada sit-up saja, aerobik saja, atau diet saja.
  5. Untuk mengakses lemak saat olahraga, energi dari makanan karbohidrat harus terpakai dulu. Lakukan latihan beban terlebih dahulu, karena latihan beban membakar energi karbohidrat.
  6. Saat aerobik, pembakaran lemak tidak diukur dari keringat/jumlah kalori, melainkan dari target denyut nadi/menit. Capailah denyut nadi antara 2-3x per detik sesuai kemampuan.
  7. Kenyang lebih lama dan kendalikan nafsu makan #1 Makan serat dan protein yang cukup. Keduanya mengalami pengosongan lambung yang lebih lama dibanding makanan lain.
  8. Kenyang lebih lama dan kendalikan nafsu makan #2 Perpendek jarak antar makan dengan porsi makanan lebih kecil. Hal ini menstabilkan gula darah.
  9. Kenyang lebih lama dan kendalikan nafsu makan #3 Lakukan latihan beban. Latihan beban tingkatkan membantu tubuh kendalikan nafsu makan.
  10. Kenyang lebih lama dan kendalikan nafsu makan #4 Hindari konsumsi gula dan lemak berlebih. Gula dan lemak menambah cita rasa, kalorinya besar, dan ukurannya kecil. Jadi mudah berlebihan dan cepat lapar.
  11. Parameter kegemukan adalah kadar lemak dalam %. Untuk ketahui bobot lemak dalam tubuh, kalikan % lemak dengan kilogram berat badan.
  12. Pria dikatakan gemuk apabila memiliki kadar lemak > 25% dari total berat badan. Wanita dikatakan gemuk apabila memiliki kadar lemak >30% dari total berat badan.
  13. Orang yang punya berat badan ideal bukan berarti ia tidak gemuk, karena ia bisa saja memiliki kadar lemak yang tinggi.
  14. Untuk mengukur lemak, gunakan fat-caliper atau tersedia cek gratis di fitness center. Kebanyakan fitness center menyediakan jasa pengukuran lemak gratis.
  15. Mengapa menggoreng perlu dikurangi? Karena menggoreng melipatgandakan kalori tanpa melipatgandakan ukuran makanan maupun rasa kenyang.
  16. Mengapa menggoreng perlu dikurangi? Karena menggoreng menurunkan nilai gizi dan meningkatkan kadar racun dalam makanan.
  17. Suplemen pembakar lemak lebih efektif bila disertai dengan pengaturan makan dan olahraga. Suplemen pembakar lemak bukan pil ajaib yang bisa menggantikan diet ataupun olahraga.
  18. Pastikan setiap kali makan ada protein dan karbohidrat dalam porsi yang seimbang. Contoh: ayam bakar tanpa mentega + lalab.
  19. Prinsip diet yang baik #1: Sumber. Pilih yang alamiah daripada olahan. Apabila memilih makanan olahan, kuasai cara membaca label nutrisi.
  20. Baca label nutrisi makanan / minuman Anda sebelum membeli. Prioritaskan protein & serat tinggi. Kurangi pilihan pada produk dengan kandungan Gula, lemak, dan sodium tinggi.
  21. Prinsip diet yang baik #2: Penyajian. Pilih penyajian rebus, kukus, pepes, panggang, tumis daripada goreng atau bakar. Fokus pada penyajian yang bisa dimakan, bukan yang tidak bisa dimakan.
  22. Dalam penyajian, gunakan rempah alami untuk cita rasa. Batasi pemakaian minyak, mentega, gula pasir, tepung, santan, dan garam.
  23. Untuk menumis low-fat, daripada menuang minyak goreng ke wajan lebih baik oleskan wajan dengan tissue yang diberi sedikit minyak.
  24. Prinsip diet yang baik #3: Jadwal. Makanlah tepat waktu. 3 meal + 2 snack sehat. Makan tidak tepat waktu membatasi kualitas nutrisi dan menurunkan kesehatan pencernaan.
  25. Sumber, penyajian, dan jadwal makan mempengaruhi JUMLAH yang kita makan. Jumlah boleh sedikit lebih banyak apabila sumber, penyajian, dan jadwal sudah baik.
  26. Komposisi makanan juga penting. Untuk turunkan lemak, perbanyak komposisi sayur dan protein. Batasi karbohidrat dan lemak.
  27. Pria/wanita berkadar lemak tinggi yang berolahraga 1 jam: 15-20 menit latihan beban ditutup 40-45 menit latihan aerobik.
  28. Pria/wanita berkadar lemak sedang yang berolahraga 1 jam: 30 menit latihan beban ditutup 30 menit latihan aerobik.
  29. Pria/wanita berkadar lemak rendah yang berolahraga 1 jam: 40-45 menit latihan beban ditutup 15-20 menit latihan aerobik.
  30. Penyakit jantung, kanker, stroke, diabetes mengkontribusikan 80% kematian manusia modern. 4 penyakit ini disebabkan oleh gaya hidup tidak sehat yang mengakibatkan tubuh berlemak tinggi.

Recent Posts

comments powered by Disqus